Walikota Jadi Warga Kehormatan Yonmarhanlan I Belawan

barometersumut/Medan-Walikota Medan, Drs H Rahudman Harahap MM, Kamis (21/3), dianugerahi  penghargaan sebagai warga kehormatan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan  (Yonmarhanlan) I Belawan.
Prosesi penganugerahan yang disaksikan Kapolresta Pelabuhan Belawan AKBP Endro Kiswanto, Wadan Lantamal I Belawan Kolonel (Mar) Dedi Suhendra, Kajari Belawan Ranu Subroto SH, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Medan serta sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Medan itu dilakukan melalui suatu upacara singkat di halaman Yonmarhanlan I Belawan dipimpin Komandan Yonmarhanlan I Belawan, Mayor (Mar) Agung Setyawan, dengan memakaikan jaket dan topi marinir kepada Walikota dan disertai dengan tembakan ke udara oleh pasukan Marinir.

Walikota sendiri, mengucapkan terimakasih atas anugerah dan penghargaan yang diberikan menjadi bagian dari keluarga besar Yonmarhanlan I Belawan. “Saya sangat mengapresiasi sekali pemberian penghargaan sebagai warga kehormatan ini. Tentunya penghargaan ini akan menjadi apresiasi bagi saya dan semua untuk menghadapi segala bentuk tantangan maupun hambatan dalam upaya membangun serta mensejahterakan masyarakat, termasuk dalam menjaga kota yang kita cintai ini tetap aman dan kondusif,” kata Walikota.

Dijelaskan, pembangunan kota tidak mungkin dilaksanakan hanya oleh Pemko Medan tetapi juga membutuhkan dukungan penuh dan peran aktif serta kerjasama dari seluruh pemangku kepentingan, tidak terkecuali TNI, Polri maupun stakeholder lainnya. “Apalagi, fungsi TNI dan Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban  selama ini telah berhasil menjadikan Kota Medan semakin kondusif,” sebutnya.

Terciptanya kondusifitas, sebut Walikota, akan mendapatkan reaksi positif dari para investor, sehingga meningkatkan minat mereka untuk berinvestasi. “Tentunya ini sangatlah baik bagi pertumbuhan ekonomi Kota Medan,” ujarnya.

Karenanya, Walikota, mengajak untuk terus membina kekompakan dan sinergitas baik antara Pemko Medan, TNI, Polri, stakeholder serta komponen masyarakat  lainnya guna mewujudkan Kota Medan yang lebih baik dari hari kemarin dan esok lebih cerah dari hari ini.

Walikota juga mengungkapkan, Kota Medan secara administrasi memiliki garis pantai lebih kurang 5,4 kilometer. Selain itu berbatasan langsung dengan Selat Malaka yang merupakan salah satu jalur laut perdagangan yang sibuk dan ramai. “Karenanya, keamanan Selat Malaka sangat mempengaruhi seluruh kawasan, termasuk Kota Medan,” ujarnya.

Itu sebanya, lanjut Walikota, Yonmarhanlan I Belawan memiliki peranan yang sangat vital dalam pembangunan kota secara keseluruhan, terutama dalam membangun kawasan pesisir. Apalagi, masyarakat yang bermukim di kawasan pantai menjadi salah satu prioritas pembangunan saat ini.“Salah satu bentuk pembangunan yang telah dilakukan dengan merenovasi sejumlah rumah di kawasan pantai. Pembangunan ini akan terus kita lakukan. Tahun ini kita akan renovasi 500 rumah lagi. Selain itu kita akan berupaya meningkatkan perekonomian mereka,” terangnya.

Sementara Dan Yonmarhanlan I Belawan, Mayor (Mar) Agung Setyawan, mengatakan selama ini  Yonmarhanlan I Belawan  dengan Pemko Medan maupun dengan aparat TNI maupun Polri yang lain sudah saling bersinergi dan bekerjasama. Dengan kehadiran Walikota semakin menegaskan bahwa semua butuh kerjasama. Apalagi Kota Medan memiliki banyak kawasan pesisir, kebetulan keberadaan Yonmarhanlan I Belawan berada di kawasan pesisir.

“Jadi, pembangunan tidak hanya di wilayah kota saja tetapi juga di wilayah pesisir. Artinya, pembangunan wilayah pesisir menjadi tanggung jawab kita bersama. Karena itu dengan kerjasama dan sinergitas yang dilakukan, maka pembangunan yang dilakukan akan lebih cepat,” kata Agung.
Terkait dengan penghargaan kepada Walikota, Agung, mengatakan itu sebagai bentuk penghormatan seluruh keluarga besar Yonmarhanlan I Belawan. “Kita tinggal dalam suatu daerah, kepala kita adalah Walikota. Sesuai dengan Undang-Undang TNI pun, salah satu tugas kita adalah membantu tugas pemerintah kota, sehingga dalam hal ini Bapak Walikota adalah bapak kami juga. Apalagi kunjungan yang  dilakukan Bapak Walikota ke batalyon kami merupakan kunjungan yang pertama kalinya. Jadi, saya dengan segenap seluruh prajurit memberikan penghormatan kepada beliau,” jelasnya.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: