Kuil Shri Maha Shiva Shakti Harus Jadi Sarana Pemberdayaan Umat

barometersumut-Medan-Wakil Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S Msi, mengharapkan Kuil Shri Maha Shiva Shakti dapat  lebih difungsikan sebagai pusat komunitas untuk warga Hindu Kota Medan, serta menjadi sarana pemberdayaan umat guna berpartisipasi aktif dalam pembangunan kota.

“Terkadang, kita melihat Kuil seperti bangunan kosong yang kurang dinamikanya, mungkin salah satu penyebabnya adalah karena  belum berfungsi optimal sebagai pusat komunitas dari masyarakat sekitar khususnya umat Hindu karena Kuil hanya dianggap sebagai tempat untuk menunaikan ritual,” kata Wakil Walikota pada peresmian Shri Maha Shiva Shakti Kuil, Jumat (22/3).
Eldin menerangkan, Kota Medan  adalah kota multikultural. Karenanya, kehidupan bergama menjadi bagian yang sangat penting dalam kemajuan pembangunan kota, sebab dimensi keagamaan berperan penting untuk menciptakan toleransi dan harmonisasi sosial.
“Kita bukan hanya membutuhkan tempat ibadah/kuil yang bagus dan besar, akan tetapi kita juga perlu fungsi-fungsi tempat ibadah yang lebih luas. Disamping fungsi ibadah, Kuil tidak boleh hanya menjadi menara gading sebab masih banyak umat Hindu membutuhkan bimbingan, ajaran, kebaikan dalam kehidupan sehari-hari,” sebutnya.
Eldin berharap kebresamaan hari ini akan lebih mempererat tali persaudaraan antar sesama pemeluk agama, serta lebih meningkatkan lagi rasa saling menghormati satu dan yang lainnya.

Sementara Ketua Parisada Hindu Darma Indonesia Kota Medan, Hariram MM, mengatakan Kuil dibangun sejak 2001 dengan melalui proses pembangunan yang panjang, hingga akhirnya di 2013 diresmikan.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: