Dispenda Medan Launching 4 Mobil Sosialisasi Pajak

barometersumut/Medan-Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan sosialisasi ke masyarakat, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Medan melaunching empat mobil yang akan berkeliling memberikan informasi tentang perpajakan kepada seluruh masyarakat. Dengan begitu diharapkan perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak dapat dimaksimalkan.

“Kita berupaya meningkatkan pelayanan dan sosialisasi ke masyarakat agar sadar untuk membayar pajak, makanya kita melaunching empat mobil yang akan berkeliling memberikan informasi ke masyarakat dan mobil itu juga akan digunakan staf untuk melakukan penyuluhan pajak kepada masyarakat,” ujar Kepala Dinas Pendapatan Daerah Medan, M Husni, kepada wartawan.

Husni menyebutkan, dengan meluncurkan mobil pajak keliling ini maka secara perlahan-lahan pihaknya mengimbau masyarakat untuk membayar pajak. “Kita berupaya menyentuh emosional wajib pajak agar mereka dapat taat pajak. Kalau untuk mobil online pajak saat ini sedang kita siapkan, ada mobil L300 yang sedang kita rombak. Kalau empat mobil ini hanya untuk sosialisasi pajak,” jelas Husni.

Begitupun,  stan Dispenda yang berada di MTQN ke-46 kota Medan yakni di Lapangan Cadika, Medan Johor pihaknya menyiapkan pembayaran PBB online, bekerjasama dengan Bank Sumut. “Kalau yang di stan MTQN, kita memang menyediakan pembayaran PBB online, dan bagi masyarakat yang membayar pajak PBB langsung di lokasi akan kita berikan door prize dengan hadiah berupa handphone,” kata mantan Kabang Aset dan Perlengkapan Kota Medan ini.

Untuk target sendiri, Husni mengatakan peluncuran mobil sosialisasi pajak ini merupakan satu upaya untuk meningkatkan PAD sekaligus mengimbau masyarakat. “Kita berupaya berbuat maksimal, menggugah masyarakat. Kalau untuk PBB memang tahun ini kan ada peningkatkan target, makanya kita upayakan untuk memaksimalkan agar cepat membayar. Selama ini kan masyarakat ada perasaan belum membayar karena belum memasuki waktu jatuh tempo, makanya kita maksimalkan agar cepat membayar dengan mensosialisasikan pemahaman masyarakat tentang pajak,” terang Husni.

Husni mengatakan, untuk wajib pajak PBB di Medan terdapat sebanyak 500 ribu dan tahun lalu realisasi pajak sebesar 50 persen, sementara tahun ini target pajak PBB naik, makanya diharapkan dengan meluncurkan mobil ini wajib pajak dapat semakin sadar untuk membayar pajak.

Wali Kota Medan, Rahudman Harahap yang langsung meninjau peluncuran mobil sosialisasi pajak tersebut di Lapangan Cadika, Medan Johor mengatakan, peluncuran mobil ini merupakan terobosan baru yang dilakukan oleh Kadispenda. “Kita berharap mobil sosialisasi pajak ini dapat memotivasi bagi wajib pajak untuk membayar pajaknya. Dan tahun ini PAD dari sektor pajak harus meningkat. Jadi Kadispenda harus bekerja maksimal,” jelas Rahudman.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: