UMKM Kota Medan Sudah Seharusnya Mempunyai Produk Unggulan

barometersumut.com/Medan-UMKM Kota Medan sudah seharusnya  mempunyai produk unggulan  sebagai ciri khas kota Medan, misalkan mobiler, hiasan-hiasan, cendramata, assesoris, sepatu, kuliner, dan yang dikatakan batik kota Medan yang mana ciri khasnya. Hal ini disampaikan Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap,MM pada saat meresmikan gedung Kantor Dinas Koperasi UMKM kota Medan,  Senin (21/1) di halaman kantor Dinas Koperasi UMKM kota Medan Jalan Gatot Subroto.

Menurutnya, sesuai data yang ada, saat ini jumlah koperasi dan UMKM kota Medan tercata mencapai 222.133 unit, dengan peran peran yang sangat dominan, terutama dalam menyerap angkatan kerja. Selanjutnya, berdasarkan data Badan pusat statisstikL, jumlah penguasa mikro,kecil dan menengah mencapai 99,8% dari total Usaha Ekonomi yang ada di kota Medan.
Oleh karena itu, saya berharap agar koperasi dan UMKM tidak boleh terus menrus lemah, akan tetapi akan menjadi kekuatan pengimbang ditengah persaingan ekonomi global. Kenyataannya, fenomena umum dalam koperasi dan UMKM di Indonesia seringkali keberadaannya muncul dan eksis ketika ada bantuan dana, dan bubar setelahnya, tanpa memberikan dampak positif terhadap peningkatan kapasitas pengelolaan koperasi dan UMKM.

Berdasarkan keberadaan koperasi dan UMKM ini, perlu menjadi perhatian kita bersama, bagaimana mendorong pengelolaan manajemen koperasi dan UMKM yang semakin baik. Kita harus menyadari bahwa lembaga ekonomi ini adalah alat untuk meningkatkan posisi tawar kita secara ekonomi ditengah keterbatsan modal yang kita miliki. Saya berkeyakinan dengan mendudukkan fungsi koperasi dan UMKM sebagai penyeimbang dalam perekonomian, sector ini akan mendapat memberikan konstribusi yang lebih besar dalam pembangunan ekonomi kota,

                                                                                                                                Untuk itu, pembangunan gedung Baru Kantor Dinas Koperasi dan UMKM in I , cukup strategis guna mendukung pembinaan sector UMKM dan Koperasi di kota Medan yang lebih baik lagi. Diharapkan Gedung baru ini memberikan dorongan bagi segenap jajaran SKPD untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya lebih baik, terutama memberdayakan dan meningkatkan kapasitas sector UMKM dan Koperasi yang ada pada masa datang, tegasnya.
Ditambahkannya, Pusat Industri Kecil (PIK) yang berada di Jalan Menteng akan di tertipkan segera, sebab itu bukan tempat tinggal, tapi pusat Industri Kecil, ungkapnya.Sebelumnya, Kepala Dinas Koperasi UMKM kota Medan Tunggar,SH mengatakan kegiatan syukuran peresmian gedung kantor Koperasi UMKM ini berkat prakarsa seluruh pegawai Dinas Koperasi bekerjasama dengan mitra kerja serta para pelaku koperasi dan UMKM yang menjadi Binaan Dinas Koperasi UMKM kota Medan. Kemudian ungkapan rasan syukur dan terimakasih kepada Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap,MM yang telah menyetujui atas pembanghunan kantor Dinas Koperasi UMKM serta Galeri UMKM kota Medan yang baru.Dengan kantor baru diharapkan para pegawai dapat bekerja labih nyaman dalam melaksanakan tugas sehari-hari, ujarnya.
Kantor ini juga dilengkapi galeri sebagai tempat informasi bagi para pelaku koperasi UMKM kota Medan, sehingga dapat menampung lebih banyak produk UMKM, secara langsung juga membantu memperkenalkan sekaligus memasrkan produk UMKM kepada masyarakat, sehingga masyarakat cinta akan produk dalam negeri.

Pada kesempatan ini juga Kepala Dinas koperasi, staf dan selurh yang hadir mengucapkan selamat Hari ulang Tahun Walikota Medan ke 54, semoga diusia yang berkurang ini dapat meningkatkan kinerjanya untuk membangun kota Medan ini, ungkapnya.

Hadir, Wakil Walikota Medan Drs H Dzulmi Eldin S,SH, Sekda Medan Ir.Syaful Bahri Lubis, unsur Forum kordinasi pimpinan daerah, Kajari Medan, Dandim, Ketua DPRD, Danlanud, mewakili Polresta, Kepala Dinas Koperasi UMKM kota Medan Tunggar,SH, Para pimpinan SKPD, Kepala BB POM  I gede Nyoman Suandi, Ka.Cab.Jamsostek Medan Satya Darma, ketua Dekopin Sumut J.Siburian, ketua Dekopin Medan PP.Malau, Ketua koperasi Unimed Jusmadi, Perwakilan Bank Sumut Hadi, Kepala Koperasi Lantamal Belawan, Kapten Dadan Sudana, PKK dan Dharma Wanita Kota Medan, pengurus koperasi serta pelaku UMKM se kota Medan.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: