Koperasi Elpeem Mandiri Dapat Apresiasi

barometersumut.com/Medan-Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM sangat mengapresiasi  dan menyampaikan ucapan terima kasihnya atas upaya yang telah dilakukan Koperasi Elpeem Mandiri dengan melakukan bedah rumah milik seorang warga kurang mampu di Jalan Sempurna  Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai.  Apalagi biaya yang digunakan untuk bedah rumah  tersebut murni  berasal  dari partisipasi  masyarakat  setempat.

Apresiasi ini disampaikan Wali Kota ketika menghadiri acara penyerahan kunci rumah yang  baru dibedah sekaligus perkenalan pengurus Koperasi Elpeem Mandiri  dirangkaikan syukuran Tahun Baru 2013 di Jalan Sempurna Medan.

“Apa yang dilakukan Koperasi Elpeem mandiri ini merupakan bentuk kepedulian mereka terhadap lingkungan sekitarnya. Salah satu bentuk kepedulian itu dengan melakukan bedah rumah. Jadi kita sangat mengapresiasi sekali atas kepedulian Koperasi Elpeem Mandiri,” kata Wali Kota didampingi Wakil Wali Kota Drs H dzulmi Eldin MSi dan sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Medan.

Untuk itu Wali Kota mengatakan akan terus mendukung upaya yang dilakukan Koperasi Elpeem mandiri tersebut. Dengan dukungan yang diberikan diharapkan bedah rumah yang dilakukan bisa bertambah lagi. “Kita tidaka akan membiarkan Koperasi Elpeem  Mandiri, kita  pasti mem-back-up-nya sehingga program bedah rumah dapat berkembang lagi,” ungkapnya.

Dengan upaya yang dilakukan Koperasi Elpeem Mandiri ini, Wali Kota pun optimis sangat mendukung upaya Pemko Medan dalam rangka merelokasi rumah-rumah tak layak huni. Relokasi kitu dapat dilakukan dari bawah dengan dukungan partisipasi dari masyarakat. “Dengan begitu kita tidak ragu-ragu lagi mendorong dana Coorporate Social Responsibility (CSR)  untuk membantunya guna mendukung peningkatan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat kita,”  paparnya.

Untuk itu Wali kota menyampaikan ucapan terima kasihnya atas upaya yang telah dilakukan Koperasi Elpeem Mandiri tersebut. Diharapkannya apa yang dilakukan Koperasi Elpeem Mandiri bisa diikuti kecamatan-kecamatan lainnya untuk bersama-sama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama bagi warga yang bermukim di bantaran sungai sehingga terhindar dari banjir yang acapkali datang menerpa setiap musim hujan tiba.

Pada kesempatan itu Wali Kota mengajak seluruh warga Kota Medan, terutama  yang hadir dalam kegiatan tersebut  untuk mendukung Pemko Medan dalam upaya mendapatkan Piala Adipura Kencana. Sebab, saat ini ada tiga kota yang tengah bersaing untuk mendapatkan penghargaan paling bergengsi dari Kementrian Lingkungan Hidup yakni Kota Medan, Palembang dan Surabaya. Salah satu syarat utama untuk mendapatkannya, masyarakat harus semakin banyak memiliki tempat pembuatan kompos di rumah masing-masing. Artinya sampah dari rumah tidak dikeluarkan lagi tetapi dijadikan kompos.

Sementara itu Ketua Koperasi Elpeem Mandiri  Drs Monang Simorangkir menjelaskan, biaya yang digunakan untuk membedah rumah berasal dari swadaya masyarakat.  Atas keberhasilan yang dilakukan ini, dia bertekad  untuk mengembangkannya. Untuk itu kita akan mengajak warga yang mampu untuk membantu warga kurang mampu. “Jadi setiap tahun harus ada rumah warga kurang mampu yang kita bedah seperti ini,” janji Monang.

Kemudian dia juga ingin mengembangkan Koperasi Elpeem Mandiri. Dengan potensi yang ada, dia optimistis akan mampu  menjadikan koperasi yang dipimpinnya memiliki anggota sampai 10.000 orang. Dengan jumlah itu akan mampu menggalang dana guna membantu masyarakat yang berasal dari ekonomi lemah, sebab koperasi merupakan soko guru perekonomian. “Jadi melalui koperasi ini kita akan membantu memajukan dan mensejahterajkan masyarakat. Untuk kita berharap pemerintah dapat mendukungnya,” harapnya.

Sedangkan Camat Medan Denai Edi Mulia Matondang  mengungkapkan, dipilihnya rumah yang akan dibedah melalui seleksi yang dilakukan Koperasi Elpeem Mandiri dengan Kecamtan Medan Denai. Daris eleksi yang dilakukan akhirnya dipilih  rumah mana yang paling layak untuk dibedah. “Setelah pembedahan rumah yang dilakukan ini, Insya Allah akan diikuti pembedahan beberapa rumah  lainnya. Untuk itu kita minta dukungan penuh seluruh warga,” papar Edi.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: