Rahudman:FJPI Harus Mampu Memajukan Perempuan

barometersumut.com/Medan

Peranan Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) yang merupakan lembaga jurnalis perempuan di kota Medan sangat potensial untuk dapat memajukan kaum perempuan. Sebab, keberadaannya dinilai tidak hanya dapat memberikan informasi yang terkait dengan perempuan tapi juga peka untuk membantu kaum perempuan.
Hal itu diungkapkan Wali Kota Medan, Rahudman Harahap, saat menerima audiensi pengurus Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) yang dihadiri Khairiah Lubis (Ketua FJPI), Mahjijah Chair (Wakil Ketua), Ranggini (Penasehat FJPI), Lia Anggia Nasution (Sekretaris) dan pengurus lainnya di ruang kerjanya, Jumat (14/12).“Kita harus memberikan apresiasi terhadap FJPI, mereka tidak hanya peka terhadap situasi yang berkembang di masyarakat, tapi setiap informasi saja yang mereka beritakan itu sudah sangat membantu masyarakat,” kata Rahudman.

Dari program kerja FJPI saja kata Rahudman, selama ini lembaga yang terdiri dari jurnalis perempuan dari berbagai media baik elektronik dan cetak ini sangat banyak yang menonjol. Pertama, mereka melihat bagaimana cara untuk meningkatkan peran kaum perempuan,seperti mendidik kaum perempuan untuk bisa menjadi calon legislative. Kedua, FJPI juga berupaya membina ibu rumah tangga agar lebih cekatan misalnya dalam menghadapi musibah kebakaran ataupun banjir.

Selain itu, FJPI juga kata orang nomor satu di Pemko Medan ini mau mengurus anak yatim yang terlantar, sebab mereka memiliki anak yatim dampingan yang mengidap HIV AIDS. “Semua ini harus disahuti karena FJPI ini betul-betul melihat dan mencoba memberikan perhatian kepada situasi yang berkembang. Mungkin, saja ke depan mereka akan melihat bagaimana kondisi anak-anak terutama balita yang gizi buruk di Medan, dengan informasi pemberitaan dari mereka itu sudah sangat membantu pemerintah, untuk itulah peran dan kerjasama FJPI ini sangat dibutuhkan dalam pembangunan kota Medan,” jelas Rahudman.

Dalam kesempatan itu, Rahudman juga menyambut baik dan memberi dukungan terhadap serangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun FJPI ke-5 dengan menggelar pelatihan menulis bagi Ohida dan Odha (1/12), pelatihan antisipasi pencegahan kebakaran untuk ibu-ibu di kantor kecamatan Medan Polonia, (21/12) juga pelatihan jurnalisme empati untuk jurnalis di Medan (22/112).“Mereka akan membuat seminar dan pelatihan untuk masyarakat tentu ini akan kita apresiasi, Pemko Medan merasa bangga akan FJPI ini, semoga forum ini bisa terus maju dan berkembang,” kata Rahudman.

Ketua FJPI, Khairiah Lubis mengatakan, dalam HUT FJPI ke-5 ini, akan digelar serangkaian kegiatan yang bertujuan selain untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan jurnalis di Medan tapi juga membangkitkan dan menumbuhkan peran kaum perempuan terutama dalam menghadapi musibah seperti kebakaran dan banjir aga ke depan dapat cepat tanggap.

Untuk pelatihan antisipasi pencegahan kebakaran, kata Khairiah akan digelar di kecamatan Medan Polonia pada 21 Desember 2012. Peserta pelatihan merupakan kaum ibu sebanyak 100 orang dan Wali Kota Medan, Rahudman Harahap langsung didaulat menjadi narasumber dalam kegiatan itu.

Dikatakan Khairiah, FJPI adalah organisasi jurnalis peremuan di Kota Medan dan merupakan satu-satunya di Indonesia. Saat ini sudah memiliki cabang di NAD dan sebentar lagi akan memiliki cabang di Jakarta. FJPI ini meliputi wartawan atau pekerja media perempuan dari media cetak, dan elektronik di Indonesia, organisasi ini adalah independen dan anggotanya saat ini sudah mencapai 60 orang.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: