Walikota Medan Ingin Pelaksanaan UN dan Sistem PSB Lebih Berkualitas

barometersumut.com/Medan

Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Medan  menggelar seminar akhir  Studi Evaluasi Ujian Nasional dan Penerimaan Siswa Baru Dalam Meningkatkan Mutu Proses Belajar di Kota Medan Tahun Anggaran 2012 di Grand Elite Hotel. Seminar yang dibuka Wakil Wali Kota Medan Drs H Dzulmi Eldin MSi ini,  diharapkan dapat memberikan gambaran model penerimaan siswa baru yang terbaik dalam peningkatan prestasi siswa, khususnya di tingkat SMA maupun SMK secara seragam.

Dihadapan para peserta seminar, Eldin menyampaikan ada 3 pokok permasalahan yang ingin dijawab dalam studi ini. Pertama, bagaimana pelaksanaan sistem penerimaan siswa baru  (PSB) yang dilakukan sekolah. Kedua, bagaimana kesiapan para siswa dalam menghadapi ujian nasional (UN). Sedangkan yang ketiga, bagaimana hubungan antara prestasi belajar di tingkat SMP/MTsN dengan prestasi belajar di tingkat SMA/SMK sesuai dengan jalur PSB.

Menurut Eldin, ada beberapa pihak yang tidak menerima hasil UN menggambarkan mutu pembelajaran secara keseluruhan. Sebab, belum ada data akurat tentang proses pembelajaran yang terjadi semua level pendidikan. Untuk itu studi ini diharapkannya bisa memberikan manfaat bagi sekolah sebagai dasar untuk perbaikan pelaksanaan pembelajaran, khususnya dalam persiapan  pelaksanaan UN.

“Saya juga berharap studi ini bermanfaat bagi Balitbang Kota Medan dan Pemko Medan  untuk mendapatkan data tentang tingkat kesiapan sekolah dalam melaksanakan UN, sebagai dasar dalam pembuatan kebijakan untuk perbaikan kualitas pendidikan. Serta sebagai bahan masukan dalam menyusun program perbaikan kualitas pendidikan, khususnya pelaksanaan UN dan sistem PSB,” kata Eldin.

Untuk itu Eldin  mengingatkan kepada seluruh peserta agar benar-benar mengikuti seminar ini, terutama pada sesi diskusi  supaya lebih serius menanggapi seminar akhir yang diajukan oleh nara sumber maupun tenaga ahli.  Dengan demikian hasil penelitian yang akan dihasilkan lebih berkualitas lagi dalam rangka meningkatkan mutu proses belajar di Kota Medan.

Kepala Balitbang Kota Medan Drs Hasan Basri MM ketika menyampaikan laporan memaparkan, pelaksaan studi ini telah dimuali sejak November 2012.  Diawali dengan pengambilan data melalui kuisioner kepada para siswa dan patra guru SMA dan SMK Negeri di Kota Medan sebagai responden. Setelah itu dilakukan tabulasi dan perhitungan serta analisis terhadap data yang diterima. Sebelum seminar hasil ini, telah dilakukan beberapa kali rapat tim teknis.

Sebagai nara sumber, Hasan mengungkapkan pihaknya mengundang staf pengajar dari Universitas Negeri Medan (Unimed) yang merupakan tenaga ahli  dalam Studi Evaluasi  UN dan PSB dalam upaya meningkatkan mutu proses belajar di kota Medan yaitu Dr Arif Rahman MPd, Dr Rakhmad Mulyana dan amrizal SSi, MPd. “Hasil studi ini diharapkan dapat memberikan gambaran model PSB yang terbaik dalam peningkatan prestasi siswa, khususnya di tingkat SMA maupun SMK secara seragam,” ungkap Hasan.

Sedangkan peserta seminar berjumlah 100 orang yang berasal dari anggota Komisi B DPRD Kota Medan, Balibang Provinsi Sumatera Utara , asisten dan pimpinan SKPD di lingkungan pemko Medan, pengurus Dewan Pendidikan Kota Medan, Kepala UPT Pendidikan, kepala sekolah SMA dan SMK Negeri serta staf Balitbang Kota Medan.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: