Wali Kota Beri Pengharghaan Medan Tourism Award 2012

barometersumut.com/Medan

Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM memberikan penghargaan Medan Tourism Award 2012 kepada  pelaku industri atas kerja kerasnya selama  dalam memajukan kepariwisataan di Kota Medan.  Dengan pemberian award ini diharapkan semakin memotivasi  para stakeholder kepariwisataan  untuk memperkuat kedudukan dan fungsi  Kota Medan sebagai salah satu daerah tujuan wisata di tanah air.

“Tujuan pemberian  award ini  untuk lebih mwendorong seluruh insan kapariwisataan, termasuk para pelaku industri pendukung kepariwisataan agar terus berkreatifitas untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para wisatawan lokal maupun asing. Selain itu memberikan reward kepada seluruh penggiat pariwisata  yang telah ikut memajukan dunia pariwisata di Kota Medan,” kata Wali Kota dalam acara penganugerahan Medan Tourism Award 2012 di Santika Dyandra Convention Hall.

Menurut Wali Kota, pariwisata adalah sector yang sangat strategis karena banyak melibatkan pelaku uisaha mulai dari usaha besar seperti hoterl dan tempat pertemuan lainnya hingga para pelaku UMKM. Sektor pariwisata terbukti sebagai katalis yang mampu menggerakkan sektor riil sehingga layak dijadikan lokomotif perekonomian kota. Di samping itu sektor ini  menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang banyak. Kedatangan satu turis diperkirakan dapat mempekerjakan 6 sampai 7 tenaga kerja.

Untuk itulah Wali Kota  Medan Tourism Award 2012 merupakan kesempatan strategis bagi seluruh stakeholders kepariwisataan di Kota Medan, khususnya menyambut 2013. Sebab, tahun depan terdapat beberapa even pariwisata penting, salah satunya Kotab Medanm dipercaya menjadi salah satu kota pelaksanaan Komisi Tingkat Tinggi (KTT) APEC mendampingi dua kota lainnya yakni Denpasar dan Surabaya.

Dihadapan Wakil Wali Kota Drs H Dzulmi Eldin MSi, Ketua DPRD Medan Drs Amiruddin,  unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Medan, pimpinan SKPD di libngkungan Pemko Medan, pelaku dan segenap stakeholder dan insan  kepariwisataan yang mengahadiri acara ini, Wali Kota  menyampaikan rencananya untuk menjadikan Taman Sri Deli sebagai pusat kuliner pada 2013.

“Kita akan menggunakan orang-orang yang ahli dan professional untuk menanata Taman Sri Deli, sehingga menjadi lokasi kuliner membanggakan bagi warga Kota Medan. Selain Taman Sri Deli, kita juga akan mengambil alih Taman Lili Suheri  yang merupakan aset Pemko Medan. Taman Sri Deli akan kita jadikan sebagai tempat pameran kerajinan tangan,” ungkapnya.

Kemudian Wali Kota mengajak seluruh stakeholder kepariwisataan  untuk bersatu mengelola dan mendorong tumbuhnya industri kepariwisataan dan ekonomi kreatif, sebagai usaha terencana untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah yang lebih baik lagi pada masa mendatang. Serta terus meningkatkan daya saing, melakukan inovasi dan tentunya m,embudayakan pariwisata.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kota Medan Drs Busral Manan mengatakan, acara pemberian award ini digelar  sebagai bentuk apresiasi Pemko Medan terhadap seluruh stakeholder atas perannnya selama ini  dalam memajukan kepariwisataan di Kota Medan. Selain itu untuk menstimulus para stakehjolder maupun tokoh budya dan tokoh pariwisata  untuk terus konsisten memajukan kepariwisataan di Kota Medan. Sekaligus mensukseskan program Visit Medan Year 2012.

Untuk menetapkan stakeholder, tokoh budaya  dan tokoh pariwisata mendapatkan Medan Tourism Award 2012, jelas Busral, pihaknya telah membentuk dewan juri berjumlah 30 orang baik dari kalangan praktisi, akademisi, jurnalisis maupun anggota dewan sepertim Parlindungan Purba, Heri Zulakarnain dan A Rivai Tambunan.

Adapun  stakeholder yang meraih Medan Tourism Award 2012 selengkapnya sebagai berikut. Untuk kategori Travel Agent of The Year 2012 diraih Trophy Tour, Narasiondo Tour dan Lovely Holiday. Kategori  Rumah Makan of The Year 2012 jatuh kepada Wong solo, Joko Solo dan Warung Nenek. Selanjutnya, kategori Restaurant of The Year 2012  diterima Reastauran lenmbur Kuring, Reastauran Kenanga dan Restauran Garuda.

Kemudian kategori Transportation Company of The Year 2012 disabet Blue Bird Taksi, Garuda Indonesia dan Air Asia. Kategori Tourism Object of The Year 2012 diberikan kepada Tjong A fie, Istana Maimoon dan Rahamd Gallery. Kategori Hotel of The Yaer 2012, hotel  bintang lima diraih Grand Aston, hotel bintang empat Santika Dyandra dan hotel bintang tiga Garuda Plaza.

Lalu untuk kategori Guide of The Year 2012 , terpilih Parlin Siregar. Kategori Media of The Year 2012 diperoleh Harian Medan Bisnis untuk media cetak, Sindo Radio (radio) dan Deli TV (televise). Untuk Tourism Personality of The Year 2012 diterima Keluarga Lo Tan Mok, Henry Hutabaraty dan Hendra Arbie. Sedangkan kategori Culture & Art Personality of The Year 2012 diperoleh Subanindyo Hadiluwih, Yondik Tanto dan Hendrik Perangin-angin.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: