Setelah Pemutakhiran, Jumlah Penduduk Kota Medan 2.602.612 Jiwa

barometersumut.com/Medan

Sesuai data base di Dinas Kependudukan Kota Medan (Disduk) jumlah penduduk di Kota Medan berjumlah 2.970.032 jiwa. Selanjutnya dilakukan pemutakhiran data melalui laporan kepala lingkungan tentang penduduk yang meninggal dunia sebanyak 10.532 jiwa.

Hal ini diungkapkan Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Muslim Harahap, di Medan Kamis (06/12/2012) saat menyerahkan data agregat kependudukan per-kecamatan (DAK2) di Kantor KPU Medan.

Diikuti dengan pemutakhiran melalui NIK tunggal bekerjasama dengan Dirjen Administrasi dan Kependudukan  Dapartemen Dalam Negeri Republik Indonesia terdapat 382.861 penduduk yang NIK-nya ganda. Serta pemutakhiran melalui perekaman e-KTP juga terdapat 12.750 penduduk yang merekam ganda.

“Jadi setelah dilakukan pemutakhiran, maka jumlah penduduk Kota Medan sesuai DAK2 sebanyak 2.602.612 jiwa,” ujar Muslim.

Muslim  lebih jauh mengungkapkan, tujuan  dilakukannya kegiatan ini untuk memperoleh data penduduk yang akurat dan sudah dikemas dalam bentuk cd.

Dengan demikian tersedianya DAK2 sebagai bahan bagi KPU dalam menyusun daerah pemilihan DPRD Kota Medan, tersedianya data pemilih yang akurat hasil perekaman e-KTP dan meningkatnya mutu demokrasi yang dilaksanakan melalui pemilu dan pemilukada.

“Setelah penyerahan DAK2 ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan akan terus melakukan pemutakhiran data secara regular sehingga akan menjamin dan meningkatkan akurasi database kependudukan Kota Medan,” terangnya.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: