Pemko Medan Gelar Seminar Persandian 2012

barometersumut.com/Medan

Wali Kota Medan diwakili Asisten Umum Drs Musadat Nasution membuka seminar Persandian Kota Medan 2012 di Inna Dharma Deli Medan. Melalui seminar ini diharapkan  dapat menerapkan pengamanan berita maupun dokumen yang bersifat rahasia  negara dan pemerintah sebagaimana mestinya.

“Di era keterbukaan  dewasa ini,  seluruh jajaran Pemko Medan harus memahami sebagaimanapun tuntutan era keterbukaan  namun kerahasiaan Negara dan pemerintah  harus dapat terjaga dengan sebaik-baiknya untuk menghindarkan gangguan-gangguan yang tidak perlu terjadi,” kata Musadat.

Dia menjelaskan, persandian sangat berkaitan dengan rahasia  negara dan pemerintah. Ada hal-hal yang harus diketahui secara sadar dan mendalam mengenai persandian tersebut. Pertama, yang sifatnya sangat rahasia yaiktu rahasia Negara yang apabila diketahui pihak tidak berhak dapat membahayakan kedaulatan Negara, keujtuhan wilayah NKRI atau keselamatan Negara. “ini harus benar-benar dapat dijaga seutuhnya,” ujarnya.

Kedua, lanjutnya, yang sifatnya rahasika  ialah rahasia negara yang apabila diketahui oleh pihak tidak berhak dapat mengakibatkan terganggunya fungsi penyelenggaraan negara, sumberdaya nasional dan ketertiban umum. Sedangkan yang ketiga adalah konfindensial yaitu rahasia instansi yang apbila diketahujik pihak tidak berhak dapat mengakibatkan terganggunya pelaksanaan tugas dan fungsi instansi.

Itu sebabnya Musadat mengingatkan, pengamanan berita berklasifikasi sudah seharusnya dipahami oleh penyelenggara pemerintah, terutama bagi sumber daya manusia yang menangani hal tersebut. “Di sinilah seminarf persandian diperlukan. Diharapkan melalui seminar ini para peserta dapat dengan cepat mengerti serta menerapkan pengamanan berita maupun dokumen yang bersifat rahasia negara dan pemerintah sebagaimana mestinya,” harapnya.

Untuk itu dia mengingatkan kepada seluruh peserta seminar agar dapat mengikuti pembekalan  ini dengan sungguh-sungguh.  Sebab, persandian merupakan salahs atu tugas penting bagi penyelenggara pemerintahan dengan peran sebagai lembaga keamanan, lembaga ilmu pengetahuan dan rekayasa persandian. Karenanya, seluruh pembekalan yang diterima selanjutnya dapat diterapkan di seluruh SKPD di lingkungan Pemko Medan.

Kepala Kantor Sandi Daerah Kota Medan Guntur Siregar dalam laporannya mengatakan, seminar ini dikuti  para pejabat maupun staf yang bertugas menangani kearsipan /ketataujsahaan dari setiap SKPD sejajaran Pemko Medan.

Menurut Guntur, maksud dan tujuan seminar ini digelar untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman serta wawasan di bidang penanganan berita/dokumen, terutama yang berklasifikasi rahasia. Sebab, pengamanan berita maupun dokumen yang berklasifikasi  rahasia adalah mutlak. Dengan kebocoran informasi yang dirahasiakan dapat berakibat fatal bagi penyelenggaraan pemerintahan maupun pembangunan

“Dengan digelarnya seminar ini, kita berharap para peserta nantinya dapat mengamankan berita maupun dokumen sebagaimana mestinya,”  ujar Guntur seraya menambahkan untuk narasumber sengaja diundang  Isman Sufijanto dari Lembaga Sanbdi Negara Republik Indonesia.

Isman Sufijanto  dalam seminar itu menyampaikan SDM Persandian merupakan unsure utama dalam penyelenggaraan  persandian negara. Oleh sebab itu harus bisa dan bertanggungjawab  dalam menjamin  keamanan informasikk berklasifikasi  milik pemerintah.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: