Wali Kota Ingin Masyarakat Aktifkan Budaya Gotong Royong

barometersumut.com/Medan

Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap meninjau pelaksanaan  gotong royong yang dilaksanakan warga Jalan Perkutut Kelurahan Helvetia Tengah, Kecamatan Medan Helvetia dalam rangkat menyambut Hari Natal 2012, Sabtu (1/12/2012).  Gotong royong missal ini dirangkaikan dengan penanaman pohon di pingir Jalan Perkutut, serta dilanjutkan dengan dialog  antara Wali Kota dengan beberapa anggota masyarakat.

Ketika melakukan peninjauan gotong royong missal, Wali Kota yang turut didampingi Asisten Umum Drs Musadat Nasution dan Kadis Bina Marga Ir Gunawan  mengajak seluruh masyarakat untuk terus mendukung  program kebersihan yang kini menjadi prioritas utama Pemko Medan  dalam rangka  mewujudkan Medan bebas sampah.

“Bentuk dukungan  bisa dilakukan dengan kesadaran penuh dan ikhlas untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal masing-masing. Artinya, kebersihan harus dimulai dari  lingkup terkecil yakni tempat tinggal kita. Selain itu aktifkan terus budaya gotong royong, minimal seminggu sekali. Jangan karena ada momentum tertentu saja, baru gotong royong dilakukan,” kata Wali Kota.

Untuk menggerakkan partisipasi masyarakat bergotongroyong, Wali Kota mengajak tokoh masyarakat  untuk bisa merangkul   dan memberi pengertian sehingga masyarakat dengan penuh sukarela setiap saat mau diajak bergotongroyong untuk menjaga lingkungannya tetap bersih, nyaman dan asri.

Selanjutnya Wali Kota menginstruksikan kepada Camat Medan Helvetia untuk mendata seluruh titik-titik rawan banjir di wilayahnya, sebab saat ini memasuki musim penghujan sehingga rentan timbulnya banjir.  Selain melakukan pendataan, jika  masih bisa diatasi kerahkan seluruh aparat kecamatan dan kelurahan untuk melaksanankan gotong royong, terutama melakukan pengorekan  parit maupun drainase. “Jika tidak bisa diatasi, segera buat laporan tertulis untuk diambil solusi mengatasinya,” jelasnya.

Pada kesempatan itu Wali kota  berjanji akan  memerintahkan SKPD terkait untuk segera membongkar drainse ataupun saluran air yang selama ini tersumbat sehingga menjadi salah satu pemicu terjadinya banjir.  Selanjutnya, Wali Kota dengan berjalan kaki meninjau drainase tersumbat  yang ditunjukkan masyarakat.

“Saya minta kepada kadis Bina Marga untuk segera mencari solusinya. Jangan biarkan  lagi drainase ini lama terumbat, sebab Kota Medan  hampir setiap harinya diguyur hujan sehingga kawasan ini rawan banjir,” ujarnya.

Kehadiran orang nomor satu di Pemko Medan mendapat apresiasi penuh dari warga sekitar. Salah seorang warga mengaku bermarga Butar-Butar didampingi anggota DPRD Medan Ir Budiman Panjaitan mengungkapkan, kehadiran WaliKota dalam gotong royong  untuk menyambut Hari Natal 2012 sangat ditunggu-tunggu masyarakat setempat.

“Ini sebagai bukti Wali kota sangat peduli kepada masyarakat tanpa membedakan-membedakannya sedikit pun. Untuk itu saya dan seluruh masyarakat juga berharap kepada Pak Wali agar menghadiri perayaan Hari Natal 2012 yang kami gelar,” harap Butar-Butar.

Sementara itu anggota DPRD Medan Ir Budiman Panjaitan sekaligus penasehat panitia Perayaan Hari Natal 2012 DPRD dan Pemko Medan  menjelaskan, selain warga Jalan Perkutut dan warga Kecamatan Medan  Helvetia, gotong royong ini  juga melibatkan 9 STM Gereja yang berada di distrik Medan Helvetia.

Selain gotong royong, jelas Budiman, juga dilakukan penanaman 300  batang tanaman yang terdiri dari mangga dan mahoni  pinggir kiri dan kanan Jalan Perkutut. “Selain menjaga kebersihan lingkungan, kegiatan ini digelar sebagai antisipasi pemanasan global sekaligus mewujudkan Medan go Green. Di samping itu untuk menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat agar terus menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing,” papar Budiman.

Gotong royong yang dilakukan dengan melakukan pengorekan parit  di sepanjang Jalan Perkutut, baik kiri maupun kanan. Selain itu dengan melakukan pembatatan rumput yang ada di berem jalan.  Serta membersihkan kawasan itu dari segala macam sampah. Setelah itu diteruskan dengan penanaman poho dan dialog dengan warga setempat.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: