UMK Kota Medan Rp.1.460.000 Perbulan

barometersumut.com/Medan

Upah Minimum Kota (UMK) Kota Medan diputuskan sebesar Rp.1.460.00 perbulan untuk  pekerja yang masa kerjanya 0 sampai 1 tahun. Sedangkan bagi pekerja  yang masa kerjanya di atas 1 tahun, UMK-nya berbeda. Untuk menentukan jumlahnya, maka akan segera dibentuk tim pemantau UMK yang akan melibatkan dewan pengupahan dan serikat buruh.

Demikian disampaikan Wali kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM didampingi Kadis Sosial dan Tenaga Kerja  (Disosnaker) Drs Armansyah Lubis setelah menerima Dewan Pengupahan Kota Medan di pendopo rumah dinas Wali Kota Medan Jalan Sudirman, Senin (3/12/2012).

Di samping UMK yang telah ditetapkan, jelas Wali Kota, masih ada Upah Minimum Sektor Kota (UMSK). Jumlahnya bisa  lebih dari Rp.1.700.000 perbulan untuk pekerja yang  masa kerjanya lebih dari 1 tahun. “Inilah sementara usulan yang kita sampaikan kepada Gubernur untuk ditetapkan sebagai UMK. Besok (hari ini) usulan itu sudah kita sampaikan,” kata Wali Kota.

Menurut Wali Kota yang juga didampingi unsure Dewan Pengupahan Kota Medan, penetapan UMK sebesar Rp.1.460.000  perbulan ini telah melalui rapat tripartit  antara pemerintah, pengusaha dan serikat pekerja.  Untuk merubahnya tidak gampang, sebab harus melalui survei  sekali lagi dengan melibatkan Badan Statistik.

“Yang menjadi tuntutan mereka adalah harga pasar  stabil. Justru itu pengendalian harga pasar menjadi tanggung jawab pemerintah. Untuk itu akan dikoordinasikan dengan Gubernur agar para pekerja bisa menerima  yang menjadi keputusan terbaik ini,” jelasnya.

Menyinggung dengan tuntutan para pekerja agar gaji mereka Rp.2,2 juta perbulan, Wali Kota mengatakan  sulit memenuhinya untuk saat ini. Sebab, kenaikan UMK yang ditetapkan ini saja sudah mencapai 13,68 persen. “Untuk memutuskan UMK tidak bisa begitu saja, harus melalui survei. Sebab, yang memberikan upah ini tidajk hanya perusahaan besar, termasuk UMKM yang ada di Kota Medan,” ungkapnya.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: