Sekolah Harus Mengoptimalkan BOS

barometersumut.com/Medan

Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Medan menggelar seminar Hasil Kajian Efektivitas Pemberian Dana BOS di Tingkat SD dan SMP Negeri di Kota Medan Tahun Anggaran 2012 di Hotel Inna Dharma Deli Medan, hari ini.

Seminar ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang bagaimana  sekolah-sekolah  negeri  tingkat SD dan SMP di Kota Medan dalam mengoptimalkan program BOS yang transparan, akuntabel, efektif, efisien, tepat sasaran dan terhindar dari penyimpangan.

Seminar ini dibuka Walikota Medan diwakili Asisten Kesejahteraan Masyarakat (Askesmas)  Kota Medan Darusalam Pohan ini. Di hadapan 120 peserta, Darusalam menjelaskan secara umum program BOS bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap biaya pendidikan dalam program wajib belajar 9 tahun yang bermutu.

Secara khusus program BOS, jelas dia, bertujuan untuk membebaskan pungutan bagi siswa SD/SDLB Negeri dan SMP/SMPLB/SMPT Negeri terhadap biaya operasional sekolahkecuali pada  Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI)  dan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI). Kemudian membebaskan seluruh siswa miskin dari pungutan dalam bentuk apapun baik di sekolah negeri dan swasta. Serta meringankan beban operasional sekolah bagi ssiwa di sekolah swasta.

Untuk itulah Darusalam berharap kepada seluruh peserta  untuk mengikuti seminar ini dengan penuh keseriusan. Terutama pada sesi diskusi,  tanggapi benar-benar hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh narasumber/tenaga ahli  sehingga  hasil penelitian yang akan dihasilkan  semakin berkualitas.

Darusalam selanjutnya minta agar Balitbang sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya untuk terus memberikan  masukan dalam rangka pelaksanaan program yang terecana di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemko Medan. Sedangkan bagi para SKPD  agar dapat menjadikan  hasil kajian dari Balitbang  sebagai salah satu rujukan dan suatu informasi terkait dengan perencanaan maupun kegiatan di masibg-masing SKPD.

Sementara itu Kepala Balitbang Kota Medan, Hasan Basri, dalam laporannya mengatakan, tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah pengelolaan dana BOS telah dilaksanakan dengan tertib administrasi, transparan, akuntabel, efektif dan efisien, tepat waktu serta terhindar dari penyimpangan.

Dia menjelaskan,  kajian ini telah dimulai sejak September lalu dengan pengambilan data melalui kuesioner dengan sampel  87 SD dan 18 SMP Negeri sebagai responden dalam penelitian dari 382 SD dan 45 SMP Negeri di Kota Medan. Kajian dilakukan melalui teknik pengambilan data monitoring dan evaluasi.

Sebagai nara sumber dalam seminar ini, Hasan mengatakan pihaknya mengundang para ahli dari Lembaga penelitian Universitas Negeri Medan yakni Eddiyanto, Irsan Rangkuti, Darwin, dan Sri Wahyuna.

Sedangkan peserta yang berjumlah 120 orang berasal dari Dinas Pendidikan Kota Medan, UPT Dinas Pendidikanm, kepala sekolah SD dan SMP Negeri di Kota Medan.

Sebelumnya, ungkap Hasan, Balitbang  juga telah melaksanakan 5 kajian yakni analisis kemampuan kerja aparat kecamatan dalam memberikan administrasi kepada masyarakat, kajian hubungan kerjasama daerah di bidang pemerintahan dan pembangunan, kajian perilaku supir angkutan di Kota Medan, studi analisis factor-faktor yang  mempengaruhi investasi PMA di Kota Medan, serta pemetaan Perda terkait kegiatan usaha.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: