Ternak di Tuntungan Akan Ditertibkan

barometersumut.com/Medan

Dinas Pertanian dan Kelautan (Distanla) Kota Medan akan kembali  melakukan penertiban ternak kaki empat. Kali ini yang menjadi lokasi penertiban adalah Kecamatan Medan Tuntungan dan Kecamatan Medan Johor.

Berdasarkan informasi  dan penelusuran yang telah dilakukan, ternyata di kedua kecamatan itu masih terdapat ratusan hewan ternak kaki empat. Untuk melakukan penertiban, seperti biasa tim akan dibantu petugas dari Satpol PP, Brimodasu, Polresta Medan, Kodim 0201/BS serta melibatkan kepala lingkungan, aparat kelurahan dan kecematan setempat.

Hal ini terungkap dalam rapat tindak lanjut penertiban hewan ternak kaki empat yang dipimpin Plt Kadistanla Kota Medan Emilia Lubis di Balai Kota Medan,Jumat (23/11/2012) .

“Penertiban akan kita lakukan  di Kecamatan Medan Tuntungan dan Kecamatan Medan Johor. Waktunya tidak dapat saya sebutkan. Yang pasti  dalam waktu dekat ini,” kata Emilia.

Rapat ini turut  dihadiri unsur dari Pengadilan Negeri Medan, Polresta Medan, Brimobdasu, Satpol PP,  Kodim 0201/BS, Camat Medan Tuntungan Gelora Ginting, Sekcam Medan Johor  Rustam Harahap serta intansi terkait lainnya. Untuk melakukan penertiban, Emilia mengaku tim akan turun dengan kekuatan yang besar agar  hasilnya maksimal.

Menurut Emilia,  Distanla ketika melakukan penertiban akan dibantu  100 petugas dari Satpol PP. 80 personel  Brimobdasu, 30 personel Polresta  Medan termasuk di dalamnya 2 penyidik, 30 personel dari Kodim 0201/BS dan Koramil setempat, 10 personel  Denpom ditambah kepling dan aparat kelurahan dan kecamatan setempat.

Ketika penertiban dilakukan, Emilia minta kepada camat untuk menunjukkan jalan menuju lokasi penertiban. Selain itu camat dan lurah ikut serta dalam melakukan penertiban. Untuk penertiban kali ini, Emilia menegaskan pihaknya  akan mengambil tindakan tegas. Apabila warga sengaja menggembok pintu rumah dan menyimpan ternak di dalamnya, maka upaya paksa akan dilakukan dengan jalan membuka gembok secara paksa.

“Kita tidak mau terkecoh lagi seperti penertiban  yang telah dilakukan sebelumnya. Wargha sengaja menyembunyikan hewan ternak kaki empatnya dalam rumah. Agar tim tidak bis amasuk, pintu rumah digembok.  Untuk  mengantisipasi hal ini, kita akan mengikutsertakan dua penyidik dari Polresta Medan. Di samping itu kita ketika pembukaan gembok dilakukan, kita akan membawa saksi dari unsur kelurahan, kecamatan dan  kepolisian. Jadi pembukaan gembok yang kita lakukan tidak salah secara hukum,” ungkapnya.

Sementara itu Camat Medan Tuntungan Gelora Ginting mengungkapkan, hewan ternak kaki empat di wilayahnya berada di Kelurahan Simalingkar B. Ada sekitar 69 KK yang berternak  hewan kaki empat dengan jumlah populasi sekitar 410 ekor. Umumnya hewan ternak kaki empat itu dipelihara warga di belakang rumahnya. “Kita siap untuk mendukung penertiban,” kata Gelora.

Sedangkan Sekcam Medan Johor Rustam Harahap menjelaskan, hewan ternak kaki empat di wilayahnya berada di Kelurahan Kwala Bekala, tepatnya di Lingkungan 8, Lingkungan 18, Lingkungan 17, Lingkungan 19 dan Lingkungan 20. “Saat ini ada sekitar 80 KK yang berternak hewan kaki empat dengan jumlah 350 ekor,” ujarnya.

Sebelum menutup rapat, Emilia mengatakan yang mengendalikan jalannya penertiban langsung dirinya, sedangkan camat bertugas untuk menunjukkan jalan serta ikut mendampingi selama proses penertiban berlangsung.  Yang berada di garis depan, Emilia menunjuk  petugas satpol PP. “Apabila warga melakukan penolakan dan menyerang  petugas Satpol PP, barulah  aparat keamanan yang tergabung dalam tim turun membantu,”  paparnya.

Ditambahakannya lagi, seluruh hewan ternak kaki empat yang berhasil disita langsung dibawa ke Rumah Potong Hewan untuk selanjutnya disidangkan.  Untuk penertiban di Kecamatan Medan Tuntungan, titik kumpul dipusatkan di kantor Camat Medan Tuntungan. Sementara penertiban di Kecamatan Medan johor, titik kumpulnya di kantor Kelurahan Kwala Bekala.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: