Kualitas Guru Harus Ditingkatkan

barometersumut.com/Medan

Wakil Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin,S.M.Si  berharap kepada  guru agar kiranya kualitas Guru dapat ditingkatkan demi anak-anak bangsa. Mulai dari Presiden,Mentei,Gubernur,Walikota dan juga saya semuanya punya guru. Guru terkenal dengan julukan pahlawan tanpa jasa. Pemerintah sangat memperhatikan guru, namun kalau ada ketidakpasan antara guru dengan pemerintah  tolong disampaikan dengan baik, jangan mau para guru dibenturkan dengan pemerintah oleh pihak-pihak yang berkepentingan, hal ini disampaikannya pada saat membuka acara Seminar Motivasi Guru, di Tiara Convention Center Jl.Cut Meutia Medan,Kamis (22/11/2012).

Menurutnya, Jumlah guru PNS maupun non PNS cukup besar, hal ini menjadi tantangan bagi pemerintah kota Medan untuk mewujudkan pendidikan di kota Medan yang berkualitas dan bermutu. Guru sebagai salah satu komponen penting dalam mewujudkan tujuan tersebut merupakan sumber daya yang harus dimanajemeni dengan profesional sehingga akan berdampak positif terhadap komponen lainnya.
Tentunya perlu dilakukan perencanaan program yang baik dalam menentukan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan dan saling terintegrasi dalam mengelola komponen-komponen tersebut.Tantangan dan tugas berat guru menjadi inspirasi bagi kita untuk merencanakan dan melaksanakan kegiatan seminar motivasi ini, saya yakin para guru yang hadir dapat menjadi penyebar virus kebaikan kepada rekan-rekan guru lainnya untuk mengikuti, ungkapnya.

Motivasi yang akan kita dapatkan tentunya bisa menjadi acuan refleksi pengembangan jati diri. Evaluasi atas apa yang telah kita lakukan ditambah ide, pengetahuan dan semangat baru akan memunculkan suatu kreatifitas dalam menghadapi tantangan dan tugas berat yang kita emban. Setogiyanya kita harus menanamkan bahwa profesi guru adalah suatu rahmat yang diberikan kepada kita,sehingga beban dan tugas berat tersebut akan penuh keikhlasan dan rasa syukur kita jalani.

Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah kota Medan untuk meningkatkan kesejahteraan guru, yang seharusnya sejalan dengan peningkatan kualitas dan profesionalisme yang dimilikinya. Integritas sebagai seorang guru layaknya dapat menggali potensi-potensi yang dimiliki oleh siswanya dan dapat pula menyesuaikan metode pengajaran yang diberikan dalam bentuk pengajaran yang diberikan dalam bentuk yang cerdas dan penuh kreatifitas, tegasnya.

Ditambahkannya, kreatifitas tersebut akan lebih dinamis apabila guru-guru dapat meramu berbagai metode yang ada dengan memanfaatkan perkembangan tehnologi terkini,sehingga secara tidak langsung inovasi ini dapat mengurangi dampak negative perkembangan teknologi kepada anak-anak didik.

Kepala Dinas Pendidikan kota Medan  DR Rajab Lubis mengatakan kegiatan seminar ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional tahun 2012. Seminar ini dengan judul “ Etos Keguruan Profesional” yang disampaikan oleh Jansen H Sinamo.

Menurut Jansen ada 8 etos guru, kita harapkan setelah selesainya seminar ini ada peubahan dalam diri guru se kota Medan , perubahan itu adalah bagaimana ia menginflementasikan etos kerja sebagai etos guru dalam hari-kehari, jam per jam dalam kelas,tentunya ini sebagai pendorong bagi anak-anak didik kita untuk menumbuhkan semangat belajar.

Kita ingin anak-anak didik kita menjadi pembelajar yang tangguh, dengan etos guru yang ada yang dimiliki oleh guru-gurnya, kenapa demikian, kita tidak bisa mengahrapkan prasarana yang ada, tapi kiranya sangat perlu dengan belajar yang tangguh melalui sikap-sikap guru yang baik, sehingga guru harus mengenal sikap anak-anak didik baik perkleas maupun peroroang. Dengan melalui  pengenalan sikap,watak murid bagi guru-guru sebagai dasar untuk memberikan pendidikan bagi murid, ujarnya.
Etos guru yang dimakksud adalah semangat guru dengan kejujuran,keikhlasan ,penuh kebaikan untuk memberikan pendidikan kepada para anak didiknya ,ungkapnya.Hadir, Sekda Medan Ir Syaiful Bahri Lubis, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan daerah kota Medan, Kketua MUI Kota Medan, Para pimpinan SKPD,Katua Pendidikan Kota Medan, para guru SD,SMP,SMA dan swasta dan pengurus PGRI Kota Medan.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: