Wali Kota Harap Pengurus LPM Mampu Berdayakan Masyarakat

barometersumut.com/Medan

Wali Kota Medan diwakili Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM)  Damikros S.Sos MSi  menghadiri acara pelantikan pengurus Forum Dewan  Pimpinan Cabang Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPC LPM) Kecamatan se-Kota Medan periode 2012-2017 di Hotel Dharma Deli Medan.

Menurut Damikrot,  LPM merupakan wadah yang dibentuk atas prakarsa masyarakat sebagai mitra pemerintah di tingkat kecamatan dan kelurahan dalam menampung dan mewujudkan aspirasi dan partisipasi masyarakat di bidang pembangunan. Karenanya, Wali Kota  Medan Drs H Rahudman Harahap MM sangat mengapresiasi dan mendukung keberadaan LPM.

Karena itulah  Damikrot berharap agar  acara pelantikan ini tidak hanya seremonial belaka, tetapi harus dijadikan momen penting  guna memotivasi  sekaligus sebagai pendorong  untuk saatnya berbakti kepada masyarakat.  Apalagi  dia yakin orang-orang yang dilantik dalam kepengurusan ini merupakan pilihan dan memiliki pengalaman sangat baik.

“Jadi saya berharap agar pelantikan ini sebagai momen yang sangat penting  untuk memotivasi dan mendorong kita, guna  memulai berbakti kepada masyarakat dengan penuh keikhlasan. Sebab, menjadi pengurus LPM tidak ada gajinya tetapi kita  dituntut untuk memberdayakan masyarakat dalam pembangunan. Jadi saya menilai pengurus yang dilantik ini merupakan orang-orang pilihan, punya pengalaman serta diakui ketokohannya di tengah masyarakat,” kata Damikrot.

Dengan kelebihan yang dimiliki, Damikrot  meyakini para pengurus baru dilantik ini  mampu melakukan memberdayakan masyarakat sehingga menjadi satu kekuatan sangat luar biasa dalam mendukung pembangunan, termasuk menggalang dana. Sedangkan pemerintah sifatnya hanya memberikan bantuan yang sifatnya hanya stimulan. “Untuk itu saya berharap kepada seluruh pengurus dari 21 kecamatan ini, mampu memberdayakan masyarakat  dalam mendukung pembangunan,” harapnya.

Prosesi pelantikan dilakukan langsung Ketua DPD LPM Kota Medan Bahri Pasaribu SH. Sebelum melantik, Bahri  terlebih dahulu mempertanyakan  kesediaan seluruh pengurus untuk melaksanakan amanah dengan penuh  keikhlasan dan tanggungjawab penuh. Setelah seluruh pengurus dengan bulat menyatakan kesediannya, barulah pelantikan dilaksanakan.

Usai melakukan pelantikan, Bahri berharap kepada  para camat yang hadir agar mengkoordinasikan pemberdayaan masyarakat ini  kepada staf kelurahan se-Kota Medan sehingga peran dan fungsi  LPM di setiap kelurahan bisa terlaksana sesuai dengan amanah yang dilaksanakan dalam Perda No.5 Tahun 2003.

“Apabila LPM ini tidak berjalan dan berfungsi  di tengah masyarakat seperti yang diharapkan, berarti pencerminan kurang kordinasinya kecamatan  dengan masyarakat  terkait dengan pemberdayaan masyarakat,” ungkap Bahri.Kemudian, dia menambahkan, fungsi LPM ada 3 yakni menggerakkan swadaya gotong royong di tengah masyarakat.  Gotong royong  yang dimaksudkan tidak hanya menyangkut masalah kebersihan, parit, sampah tetapi semua aspek dapat digotongroyongkan sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat.(rom)

“Tugas yang kedua  merencanakan pembangunan yang sifatnya partisipatif. Apabila ada partisipasi dari masyarakat, maka menjadi tanggungjawab kita.  Artinya, kita harus bisa saling bahu-mebahu dengan masyarakat guna menyelesaikan permasalahan yang ada. Sedangkan tugas pokok yang ketiga  mengendalikan  pembangunan yang sifatnya partisipatif,” ungkapnya.

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: