Wali Kota Ajak Umat Hindu Dukung Kota Medan Tetap Kondusif

barometersumut.com/Medan

Perayaan Deepavali yang diselenggarakan Pemko Medan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Medan bekerjasama dengan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Medan di Gedung Alfa Omega Jalan Diponegoro Medan. Ribuan umat Hindu dari seluruh penjuru Kota Medan datang untuk merayakannya.

Perayaan ini ditandai dengan penyalaan api suci sebagai puncak dari perayaan Deepavavali yang dilakukan Wali Kota Medan diwakili Sekda Ir Syaiful Bahri didampingi Ketua (PHDI) Kota Medan S Siwajiraja dan Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Meda Palit Muda Harahap, Kadisbudpar Busral Manan. Tarian multi etnis mewarnai perayaan ini sebagai gambaran kerukunan umat beragama di Kota Medan selalu tetap terjaga dengan baik.

Menurut Sekda, perayaan Deepavali ini membawa begitu banyak pesan-pesan moral, pesan untuk berbuat kebaikan, mengajarkan perilaku rendah hati, pelayan sosial dan sebagainya. “Depavalisesungguhnya juga membawa pesan baik untuk kita semua. Oleh karenanya, marilah kita melakukan perubahan-perubahan besar di dalam hidup, melalui perayaan Deepavali,” kata Sekda.

Kemudian Sekda berharap, perayaan Deepavali ini dapat membuat umat Hindu memiliki filter yang baik terhadap derasnya penetrasi informasi yang sangat dimungkinkan dan tetap menjaga kerukunan umat beragama sekaligus berpartisipasi dalam pembangunan sosial. Termasuk, mendukung Kota Medan tetap aman dan kondusif.

Untuk itu atas nama Pemko Medan, Sekda mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Deepavali. Semoga umat Hindu dapat meningkatkan kualitas keimanan dan pembaktian diri. Selain itu dapat menata perbuatan, perkataan dan pikiran yang baik.

Sementara itu menurut Ketua Panitia Perayaan Deepavali yang juga Wakil Ketua PHDI Medan, Hari Ram mengatakan, perayaan Deepavali ini merupakan perayaan agama Hindu yang terbesar dari perayaan lainnya dan jatuh tepat tanggal 13 November 2013.

“Kami dari PHDI yang merupakan majelis tertinggi agama Hindu menggelar perayaan ini bekerjasama dengan Disbudpar Medan. Tahun ini kami memang sengaja membuat perayaan ini banyak menampilkan tari-tarian dan nyanyian tidak hanya dari India tapi juga multi etnis yang ada di Kota Medan,” jelas Hari Ram.

Ditambahkannya, melalui perayaan Deepavali ini diharapkan umat hindu yang ada di Medan dapat mengambil hikmahnya di mana arti dari perayaan Deepavali sendiri yakni merayakan kemenangan dharma.

“Perayaan Deepavali ini untuk merayakan kemenangan dharma (kebaikan) melawan adharma yakni keburukan. Kita harap seluruh umat Hindu bisa mengambil makna dari perayaan ini. Artinya, mari kita beramai-ramai membuat kebaikan dan  membuang seluruh keburukan-keburukan yang ada di dalam diri,” ungkap Hari Ram.

Sementara itu Kadis Budpar kota Medan, Busyral Manan mengatakan,  berbagai kesenian yang ditampilkan baik tari-tarian dan music yang multi etnis diharapkan dapat memberikan kontribusi kepariwisataan bagi kota Medan.

“Kita harapkan perayaan Deepavali ini yang dikemas juga dengan menampilkan beragam budaya dapat mendatangkan wisatawan mancanegara dan juga membangun kerukunan masyarakat yang multi etnis dan agama. Dengan suasana kondusif yang terjaga pastinya wisatawan akan mau untuk datang ke Medan,” kata Busyral.

Sedangkan Ketua PHDI Kota Medan, S Siwajiraja mengatakan, pihaknya sangat bersyukur karena selama ini keberadaan umat Hindu di kota Medan masih tetap bisa diterima hidup berdampingan dengan umat lainnya.

“Kita bersyukur karena meskipun umat kita jumlahnya lebih kecil dibandingkan dengan umat agama lainnya, tapi kita dapat hidup bersama berdampingan dan kita berharap ini bisa terjalin terus menerus,” kata Siwajiraja.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: