Waduh !!!Walikota Medan Gali Parit

barometersumut.com/Medan

Walikota Medan, Rahudman Harahap ikut serta langsung dalam gotong royong massa dipusatkan di seputaran Pasar Petisah Medan, hari ini.

Tidak hanya memberikan instruksi, orang nomor satu di ibukota provinsi Sumatera Utara ini ikut mengorek lumpur dari dalam parit sehingga memotivasi seluruh peserta gotong royong  untuk bekerja lebih semangat lagi.

Gotong royong yang melibatkan masyarakat sekitar, unsur organisasi kepemudaan serta muspika setempat dan instansi terkait  ini turut juga dihadiri Sekda Syaiful Bahri, Asisten Umum Musadat, Kadis Perhubungan Renward Parapat, Kadis Bina Marga Gunawan, Kasatpol PP Sofian, Kabag Umum M Husni serta Kabag Humasy Budi Hariono.

Masalah genangan di seputaran Pasar Petisah, terutama kawasan Jalan Rotan yang acap kali terjadi setiap kali hujan deras turun menjadi objek utama dalam gotong royong massal tersebut. Dengan gotong royong yang dilakukan ini, Walikota berharap mampu mengatasi genangan air.

Begitu tiba di lokasi gotong royong, Walikota memerintahkan Kadis Bina Marga untuk menggunakan satu unit alat beratnya yang telah disiagakan untuk membongkar sejumlah beton penutup parit.  Setelah beton penutup parit diangkat, barulah terlihat air tidak jalan akibat tebalnya sendimen lumpur.

“Parit kita cukup bagus namun airnya tidak mengalir. Kondisi ini terjadi akibat sendimen lumpur cukup tebal. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya genangan air pada saat hujan deras turun, sebab parit tak mampu menampung debit air hujan. Jika lumpur kita korek dan air  mengalir, saya yakin genangan air di kawasan ini  bisa di atasi,” kata Walikota optimis.

Setelah mengamati parit yang  beton penutupnya dibuka, Rahudman,  selanjutnya mengambil garukan dan mengorek lumpur  bercampur sampah dari dasar parit untuk membuktikan sendimen lumpur cukup tebal. Kemudian dia minta lumpur segera diangkat.

Selain menggunakan garukan dan cangkul,  pengorekan lumpur dengan menggunakan satu unit mobil hisap lumpur milik Dinas Bina Marga.  Dengan menggunakan selang panjang, lumpur selanjutnya dihisap dan  masuk dalam tangki mobil tersebut. Bersamaan itu air dalam parit pun perlahan-lahan mulai mengalir.

Kemudian Walikota memerintahkan agar penutup kontrol air dibuka untuk memastikan air parit dari Jalan Rotan mengalir menujur parit Jalan Glugur. Berhubung penutup kontrol air sudah ikut teraspal, beberapa peserta gotong royong kesulitan  membukanya. Untuk membantu membukanya dipergunakan  alat berat. Setelah penutup kontrol air terbuka, Walikota minta lumpur yang ada didalamnya dibersihkan sehingga air  mengalir.

Setelah itu Walikota memantau sekitar Jalan Rotan. Dia ingin melihat hal-hal apa yang masih dibutuhkan warga menyangkut fasilitas umum. Sejumlah warga yang ditemui, umunya mrenyampaikan keluhan soal genangan air yang selalu terjadi setiap kali hujan deras turun. Walaupun  genangan air tidak lama namun sangat menggangu aktifitas pedagangan di kawasan tersebut. Semua keluhan warga ditampung Rahudman dan segera ditindaklanjuti. Di samping itu Walikota tak lupa mengajak warga untuk berpartisipasi  dalam gotong royong, serta selalu menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: