Tower Tanpa SIMB di Jalan Pancing Dibongar TRTB

barometersumut.com/Medan

Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan  (TRTB) Kota Medan membongkar satu unit  bangunan tower di Jalan Pancing/Willian Iskandar No.101 A Kelurahan Indra Kasih, Kecamatan Medan Tembung, Selasa (13/11/2012). Pembongkaran dilakukan karena tower yang telah beroperasi itu ternyata terbukti dibangun tanpa memiliki Surat izin Mendirikan Bangunan (SIMB).

Berdasarkan pengamatan di lapangan, tower itu didikan di lantai tiga bangunan panglong Asia Jaya.  Ketika  pembongkaran hendak dilakukan dengan melibatkan sejumlah intansi terkait, pemilik panglong minta pembongkaran ditunda dengan alasan tower  memiliki izin. Namun permintan ditolak, sebab pemilik panglong tidak bisa menunjukkan izinnya.

Kabid Pemberdayaan dan Pemanfaatan Tata Ruang Dinas TRTB Kota Medan Drs Ali Tohar MSi didampingi Kasi Pengawasan Darwin, langsung memerintahkan anggotanya untuk membongkar tower. Berhubung  tidak memiliki peralatan lengkap dan tower terletak di lantai tiga, tim kesulitan melakukan pembongkaran.

“Kita kesulitan untuk melakukan pembongkaran tower, sebab letaknya berada di lantai tiga sehingga rentan dengan bahaya. Jika berada di bawah, tower ini  pasti sudah habis kita bongkar. Sebagai solusinya, kita buat tower ini tidak aktif ,” kata Ali Tohar.

Kemudian dia menginstruksikan kepada salah seorang anggotanya mengambil gerenda mesin dari dalam mobil patroli.  “Potong seluruh kabel agar tower tidak berfungsi. Sebelum digerenda, periksa dulu untuk memastikan kabel tidak dialiri listrik,” perintah Ali Tohar kepada salah seorang anggotanya yang mengambil gerenda tersebut.

Setelah memastikan kabel tidak dialiri listrik, barulah  pemotongan dimulai.  Bersamaan itu pemilik panglong memberikan handphone miliknya kepada Ali Tohar, dikatakannya pemilik tower mau bicara. Permintaan itu ditolak mentah-mentah oleh Ali Tohar. “Kalau dia perlu, suruh datang kemari. Lanjutkan pemotongan!” tegas Ali tohar.

Dalam hitungan menit, seluruh kabel  yang berada di dinding samping bangun putus. Setelah itu Ali  Tohar memerintahkan beberapa anggotanya untuk memotong kabel  yang ada di tower. Dua aggotanya selanjutnya  naik ke lantai tiga melalui tangga tower. Tak lama berselang seorang pria berkacama mata hitam yang mengaku dari pihak pemilik tower datang dan langsung menemui  Ali Tohar. Dikatakannya, pihaknya  telah mengajukan permohonan pengurusan izin sehingga minta pembongkaran dihentikan.

“Kami belum ada menerimanya.  Lagi pula kami sudah memberikan surat peringatan agar pembangunan tower dihentikan namun peringatan kami tidak ditanggapi. Karenanya, kami lakukan pembongkaran hari ini,” jelasnya.
Setelah memastikan tower tersebut tidak aktif lagi, barulah  dua anggota Ali Tohar turun. Selanjutnya, dia mengingatkan kepada pria berkacamata hitam itu untuk segera mengurus SIMB. Sebelum SIMB keluar, kabel-kabel yang telah diputuskan tidak dapat disambung lagi. “Tower ini akan terus kami awasi. Jika ditemukan kabel-kabel yang telah dipotong ini disambung kembali, maka tower ini kami bongkar keseluruhannya,” ujarnya dengan mimik muka serius.

Selanjutnya, Ali Tohar mengingatkan kepada pemilik tower untuk lebih dulu mengurus SIMB sebelum membangun tower guna mencegah terjadinya kerugian. Apabila tower kedapatan dibangun tanpa SIMB, langsung dibongkar karena  melanggar Perda No.9 Tahun 2002 tentang izin mendirikan bangunan.

Selanjutnya, menyikapi  banyaknya bangunan tower yang didirikan tanpa memiliki SIMB, Ali Tohar berjanji  segera mengambil tindakan tegas.  “Dalam waktu dekat ini, seluruh bangunan tower yang didirikan tanpa SIMB akan kita bongkar.  Tindakan tegas ini kita lakukan untuk menegakkan Perda No.9 Tahun 2012. Sekarang kita sedang menginventarisir seluruh bangunan tower yang tidak memiliki SIMB, lalu kita bongkar!” pungkasnya.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: