Tahun Ini, Pasar Kampung Lalang Direnovasi Jadi Pasar Tradisional Modern

barometersumut.com/Medan

Pasar tradisional Kampung  Lalang tahun ini akan direnovasi menjadi pasar tradisional modern. Renovasi ini dilakukan dalam upaya menjadikan pasar tersebut  sebagai tempat berbelanja yang  sangat representatif  bagi masyarakat sekitarnya.  Selama proses pembangunan berlangsung, maka seluruh pedagang  akan ditampung di lokasi penampungan sementara sehingga  tidak mengganggu proses jual beli

“Dana untuk renovasi sudah ada dan kini sedang dalam tahap proses tender. Sebelum  pembangunan dimulai, kita akan memberitahukan kepada seluruh pedagang terkait dengan pembangunan yang akan kita lakukan,” kata Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM ketika meninjau gotong royong massal yang melibatkan masyarakat, Pemko Medan dan TNI  di Jalan Kelambir Lima Medan, persisnya seputaran Pasar Kampung Lalang, Jumat (9/11/2012).

Kehadiran Wali Kota didampingi Wakil Wali Kota  Drs H Dzulmi Eldin Msi, Dandim 0201/BS Letkol Inf Doni Hutabarat  serta  sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Medan disambut hangat seluruh pedagang. Mereka langsung menanyakan kepada Wali Kota kapan pasar yang telah mereka jadikan lapak berjualan selama puluhan tahun tersebut dibangun.  Sebab, mereka  umumnya telah mengetahui Pasar Kampung Lalang segera direnovasi.

“Rata-rata pedagang  yang saya temui menanyakan kapan  Pasar Kampung Lalang direnovasi. Saya langsung katakan  tahun ini . Mereka sangat antusiasme mendengarnya dan menyatakan siap mendukung pembangunan tersebut. Termasuk, kesiapan  untuk menempati lokasi penampungan yang disiapkan ketika proses pembangunan berlangsung,” jelasnya.

Kemudian Wali kota menyampaikan apresiasi atas kebersihan dan kerapian Pasar Kampung Lalang saat ini.  Dari hasil penelurusan yang dilakukan, Pasar Kampung Lalang kini jauh terlihat  lebih bersih, rapi  dan tertata  dengan baik dibandingkan dari beberapa  peninjauan yang telah dilakukan Wali Kota sebelumnya, termasuk drainasenya. ‘Saya berharap kebersihan dan kerapian pasar ini terus ditingkatkan sehingga menjadi lebih baik lagi,” harapnya.

Kepada seluruh instansi,  kecamatan dan  kelurahan  di lingkungan Pemko Medan, Wali kota kembali mengingatkan untuk terus meningkatkan kegiatan gotong royong. Sebab, gotong royong merupakan  salah satu upaya yang dilakukan Pemko Medan dalam rangka menjadikan kota ini lebih bersih dan rapi.  Karenanya,. Wali kota mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukungnya. Termasuk, sekolah-sekolah, toko-toko dan  rumah makan  yang berada di pinggir jalan protocol supaya ikut mermbantu mencinpatakan suasana yang aman, nyaman dan indah.

“Khusus untuk para pedagang, saya juga menghimbau agar terus menjaga kebersihan di lingkungan kiosnya masing-masing. Jangan membuang sampah sembarangan lagi, terutama di  parit-parit. Dengan demikian apabila hujan turun, air dapat mengalir sehingga tidak terjadinya genangan air,” ujarnya mengingatkan.

Gotong royong massal ini dilaksanakan mulai persimpangan Kampung Lalang sampai Jalan Kelambir lima sepanjang lebih kurang 1 kilometer.  Gotong royong difokuskan di sekitar Pasar Kampung Lalang serta drainse di kiri dan kanan jalan. Wali kota memimpin langsung pembersihan drainase dari lumpur dan sampah. “Jika gotong royong seperti ini terus rutin dilaksanakan dan mendapat dukungan penuh dari masyarakat, saya optimis Medan bersih dari sampah,”  ungkapnya optimis.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: