Wali Kota Medan Susuri Sungai Deli

barometersumut.com/Medan

Wali Kota Medan Drs H  Rahudman Harahap  MM  menyusuri Sungai Deli bersama pihak Balai Wilayah Sungai Sumut (BWS)  II, Minggu (4/11/2012).  Penyusuran ini dilakukan untuk melihat langsung lokasi mana saja yang akan diusulkan ke Pemerintah Pusat agar dilakukan revitalisasi. Penelusuran ini dimulai dari kawasan Avros  Medan Polonia sampai  Jalan Perdana, persis di belakang Bank Mandiri.

Selain itu  penyusuran ini  bagi Wali Kota  dalam upaya untuk menjadikan Sungai Deli sebagai jalur wisata air di tengah Kota Medan. Untuk itu akan dilakukan upaya maksimal sehingga keinginan itu dapat  direalisasikan pada 2013. Sebagai langkah awal akan membersih Sungai Deli dari sampah. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan pembersihan air  dari keruh menjadi jernih kembali.

“Peninjauan ini dilakukan karena terus meningkatnya volume air di Sungai Deli, akibatnya Kecamatan Medan Maimon sering dilanda banjir,” kata Wali kota didampingi anggota DPD RI Parlindungan Purba,  Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri bersama beberapa pejabat Pemko Medan lainnya..

Menurut Wali Kota, sebagai solusi agar warga yang tinggal di bantaran Sungai Deli tidak menjadi langgan banjir setiap tahunnya, maka dia meastikan seluruh rumah warga yang berada dipinggir Sungai Deli akan direvitalisasi.

“Untuk dananya, akan diberi bantuan dari Pekerjaan Umum. Maka dari itu, kita melakukan peninjauan bersama-sama untuk melihat langsung lokasi mana saja yang akan diusulkan untuk revitalisasi. Kita juga minta kerjasama dengan BWS dan DPRD Sumut untuk memberikan dukungan,” cetusnya.

Sedangkan untuk perencanaan menjadikan sungai deli sebagai jalur wisata, Rahudman akan menyediakan fasilitas berupa benteng seperti terminal yang merupakan stasiunnya. “Tetapi untuk lintas kawasan Balai Kota ke atas, akan dibicarakan lagi. Fokusnya, kita akan membuka jalur dari Avros sampai Balai Kota dulu,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi BWS Umut II, Junjungan Saragih mengaku pihaknya sudah mempunyai program menormalisasi sungai Deli agar kapasitasnya dapat meningkat. Namun, pihak BWS banyak menemui masalah karena banyaknya pemukiman ditepi sungai. “Jadi, kita tak bisa memulai kegiatan ini. Untuk itu kita berharap kepada Pemko untuk menyelesaikannya,” ujarnya.

Dijelaskannya, kemungkinan banjir untuk warga dibantaran sungai Deli akan terus dialami setiap tahunnya. Tetapi pihaknya, sudah memberikan tahap peringatan saja agar tidak memakan korban. Kalau untuk tahap tidak tergenang kita belum bisa,” bebernya.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: