Pemko Medan Gelar Uji Emisi Gas Buang Kenderaan Bermotor

barometersumut.com/Medan

Pemerintah Kota Medan melalui Badan Lingkungan Hidup Kota Medan melakukan uji emisi gas buang kenderaan bermotor secara gratis kepada para kenderaan pribadi dan kenderaan pic-up baik solar maupun bensin di Kota Medan, Selasa (6/11), uji emisi ini dilaksanakan selama dua hari  yakni kemarin di Jalan Gotot Subroto depan Tomang Elok, dan hari ini di Jalan SM Raja Depan Taman Makam Pahlawan.

Pelaksanaa uji emisi gas buang kenderaan bermotor yang digelar tomang elok yang ditargetkan sebanyak 125 kenderaan sebagai sample,  namun dilapangan mencapai 250 kenderaan yang diuji, sedangkan hari ini di Jalan SM Raja mencapai 200 kenderaan dari target 125 kenderaan.

Kepala Badan Linglkungan Hidup Kota Medan Ir Arif Trinugroho melalui Kasubdit Pencemaran B3 dan Limbah B3 Verawaty Simarmata ST mengatakan, pelaksanaan pengujian emisi gas buang ini merupakan program Pemko Medan, digelar setiap tahunnya untuk melihat kondisi  tingkat pencemnaran udara melalui gas buang kenderaan bermotor.

Dikatakannya dari harsil uji emisi gas  buang  kurang lebih 500 kenderaan bermotor yang dilakukan selama dua hari terdapat 18 persen tidak memenuhi dan 85 persen memenuhi, pengujian emisi gas buang ini juga terkait dengan program langit biru, diman kedepannya pemerintah Kota Medan akan berebncana membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang pengendalian pencemaran udara.

“ Kita melakukan uji emisi gas buang kepada kenderaan pribadi serta grobak dan pick-up, sedengan untuk angkutan Kota (angkot) tidak kita lakukan, selain menganggu kenyaman penumpang juga angkot pada umumnya tidak memenuhi , “ ujarnya.

Dikatakannya, pencemaran uadara dapat ditimbulkan oleh kenderaan bermotor dan pabrik, uji emisi gas buang ini, pihak Badan Lingkungan Kota Medan bekerja sama dengan PT Toyota Astra World, Bengkel Astra, Totoyota, Mitsubishi dan Isuzu, serta Dishub dan Polresta Kota Medan.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: