Pemerintah Tidak Membatasi Mahasiswa Asing Kuliah di Indonesia

barometersumut.com/Medan

Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia diwakili Anak Agung Suryawati SS, menjelaskan pemerintah tidak membatasi mahasiswa asing yang kuliah di Indonesia. Hal itu dilakukan untuk mempererat hubungan antara kedua negara, sekaligus memperkenalkan Indonesia kepada negara lain. Di samping itu untuk membalas negara-negara yang telah menerima mahasiswa Indonesia kuliah di negara mereka.

“Indonesia membuka pintu selebar-lebarnya bagi mahasiswa asing yang ingin menimba ilmu di Indonesia. Saat ini  kita telah banyak melakukan MoU dengan sejumlah negara yang mahasiswanya ingin kuliah di Indonesia,” kata Anak Agung kepada wartawan di Medan usai menghadiri Sosialisasi Pelayanan Dokumen Kependudukan Asing dan Sistem Layanan Dokumen Pelajar Asing  Berbasis Website hasil  kerjasam Pemko Medan dengan Kantgor Imigrasi Kelas I Khusus Medan di Hotela Santika Dyandra Medan, Sabtu  (3/11/2012).

Hanya saja, kata Anak Agung, pihaknya mengingatkan sebelum datang ke Indoensia, para mahasiswa asing terlebih dahulu harus mengurus izin belajar. “Dengan adanya izin belajar itu, barulah dikeluarkan Kitas,” ujar Anak Agung.

Sedangkan Kepala Kantor Imigransi Kelas I Khusus Medan Freiment FS Aruan SH MH mengatakan, pengawasan terhadap mahasiswa asing  sama seperti yang dilakukan pihaknya terhadap orang asing lainnya seperti  pengawasan secara adminsitratif maupun operasional. Pengawasan itu dilakukan pada saat mahasiswa asing itu mengajukan izin tinggalnya.

“Kita akan sering melakukan pengecekan  izin  tinggalnya sesuai dengan alamatnya masing-masing. Kemudian ketika melakukan operasi, kita bekerjasama dengan keamanan lainnya untuk dapat medeteksi dini kegiatan-kegiatan mereka,” terang Freiment.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: