Mahasiswa Asing di Medan Diwajibkan Lapor ke Disdukcapil

barometersumut.com/Medan

Keberadaan mahasiswa asing di Medan diwajibkan segera melaporkan diri ke Dinas Kependudukan dan catatan Sipil Pemko Medan.”Mereka  diwajibkan segera melaporkan atau mendaftarkan dirinya ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Kota Medan guna tertib administrasi kependudukan sesuai UU No.23  tahun 2006. Dipastikan pada saat melaporkan atau mendapaftar diri, mahasiswa asing tidak dipersulit sedikitpun,” ungkap Wali Kota Medan Drs H Rahudman saat membuka Sosialisasi Pelayanan Dokumen Kependudukan Asing dan Sistem Layanan Dokumen Pelajar Asing  Berbasis Website hasil  kerjasam Pemko Medan dengan Kantgor Imigrasi Kelas I Khusus Medan di Hotela Santika Dyandra Medan, Sabtu  (3/11/2012).

Dijelaskan Wali Kota, keberadaan oarng asing di Kota Medan saat ini cenderung  semakin  meningkat, baik menetap untuk kegiatan ekonomi maupun menuntut ilmu di berbagai universitas yang ada. Namun dari segi administrasi kependudukan dan catatan sipil, ternyata masih relative banyak yang belum melapor atau mendaftarkan diri ke Disduk Capil Kota Medan. Salah satu pemicunya akibat ketidaktahuan terhadap peraturan administrasi kependudukan.

“Untuk itu saya memandang sosialisasi yang digelar ini  menjadi begitu penting. Karenanya, saya minta kepada seluruh perserta bersungguh-sungguh mengikutinya sehingga dapat memahami tertib administrasi kependudukan dan catatan sipil untuk selanjutnya dapat diterapkan dengan baik,” kata Wali Kota.

Kepada Disduk Capil sebagai leading sector dalam melakukan  pendataan dan penertiban orang asing, Wali Kota menghimbau untuk memberikan kemudahan dalam penerbitan surat-surat yang terkait dengan kependudukan terhadap mahasiswa asing.

Sedangkan bagi seluruh rector dan civitas akademika agar memberikan pemahaman sekaligus turut mengawasi  keberadaan mahasiswa asing agar mereka bisa memahami budaya Indonesia dan tidak menularkan budaya yang kurang sesuai dengan keperibadian bangsa. “Apalagi sampai menanamkan ideologi yang berbeda kepada masyarakat kita, terutama mahasiswa kita sebasgai generasi penerus bangsa,” ujarnya mengingatkan.

Menurut Wali Kota, mahasiswa asing saat ini banyak tersebar di sejumlah perguruan tinggi seperti USU, Unimed, IAIAN Sumut dan Univa. Untuk Pemko Medan harus mengurus dan melayani mereka dengan baik, terutama menyangkut masalah adminstarsi kependudukan dengan menerbitkan kartu identitas sementara.

“Mereka itu devisa. Jika jumlahnya semakin banyak lagi, tentunya ini akan memberikan pemasukan yang sangat besar. Saat ini jumlah mereka tercatat sekitar 2.158 orang, tentunya berapa biaya yang mereka  belanjakan dalam sebulan. Dari segi ekonomi, jelas sangat menguntungkan bagi Kota Medan. Meski demikian keberadaan  mereka tetap kita awasi dengan melakukan sinergitas dengan pihak kepolisian dan kemigrasian,” ungkapnya.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: