Hari Ini Seluruh Kecamatan Gelar Gotong Royong Serempak

barometersumut.com/Medan

Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM mengistruksikan kepada seluruh camat dan lurah untuk mengaktifkan kembali kegiatan gotong royong di wilayahnya masing-masing.  Selain untuk meningkatkan kebersihan,  gotong royong diharapkan mampu mengetuk  hati masyarakat masyarakat sehingga dengan kesadaran penuh mendukung program Medan bersih sampah.  Karenanya, hari ini  Jumat (2/11/2012), digelar gotong royong  yang dilaksanakan serempak di seluruh kecamatan di ibukota provinsi Sumatera Utara ini.

“Untuk menciptakan kebersihan  bukan  hanya tanggung jawab pemerintah semata, tetapi  harus mendapatkan dukungan  dan partisipasi penuh dari masyarakat.  Salah satu upaya  untuk  melibatkan  masyarakat dalam mendukung  kebersihan  adalah dengan  gotong royong. Jadi saya perintahkan kepada seluruh camat dan lurah untuk mengaktifkan kembali  gotong royong di wilayahnya masing-masing,” kata Wali Kota di Medan.

Dijelaskan Wali kota, gotong royong  dapat mempererat tali silaturahmi  antara masyarakat dengan pemerintah. Apabila silaturahmi ini sudah terjalin dengan baik tentunya akan melahirkan rasa kebersamaan. Dengan kebersamaan itu akan melahirkan  sense of belonging (rasa memiliki)  dalam diri masyarakat, sehingga mereka dengan kesadaran penuh merasa bertanggung jawab dengan kota ini, termasuk  tanggung jawab terhadap masalah kebersihan.

“Jadi mari kita aktifkan kembali gemar bergotong royong di tengah-tengah lingkungan hidup masyakarat seperti dengan membersihkan halaman rumah masing-masing dan menanami lahan kosong dengan pohon. Selain itu tidak membuang sampah sembarangan baik itu parit maupun sungai. Letakkan sampah dalam wadah, pasti petugas Dinas Kebersihan akan mengangkutnya,”  ungkapnya.

Pengaktifan kembali gemar gotong royong ini dilakukan setelah Wali Kota melihat  dan mendengar pengaduan langsung dari masyarakat. Pasca memperoleh Piala Adipura, tingkat kebersihan  mulai menurun. Padahal seharusnya keberhasilan meraih Piala Adipura  semakin memotivasi untuk meningkatkan kebersihan lagi, sehingga Kota Medan mendapatkan kembali Piala Adipura, tidak tertutup kemungkinan Adipura Kecana yang lebih bergengsi lagi.

Atas dasar itulah Wali Kota tidak hanya menugaskan camat dan lurah saja terkait masalah kebersihan ini, seluruh pejabatnya mulai dari asisten, kepala badan, pimpinan SKPD dan  kepala bagian ikut mengawasi jalannya gotong royong.  Karenanya, mereka pun disebar di seluruh kecamatan sehingga gotong royong yang dilaksanakan berjalan sesuai yang diharapkan.

Dalam gotong royong yang dilakukan secara serempak ini, objeknya meliputi  berem jalan, membersihkan parit dari sampah dan gulma,  terminal, pasar, taman serta tempat pembuangan sampah. Wali Kota berharap seluruh objek-objek itu harus bersih dari sampah     sehingga terlihat lebih indah dan asri.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: