Wamen Pariwisata Yakin Sumut Mampu Hadirkan Sejuta Wisman

barometersumut.com/Medan

Wakil Menteri Paiwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sapta Nirwanda meminta stakeholder pariwisata Sumut dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Sumut menjadi satu juta wisatawan mancanegara. Dengan potensi besar yang dimiliki Sumatera Utara berupa destinasi yang beragam, aksesibilitas dan fasilitas hotel yang baik, Sapta yakin target satu juta kunjangan wisman ke Sumatera Utara dapat terpenuhi.

Hal itu dikatakan Sapta dalam acara Pembukaan Sumatera International Travel Fair ke 7 tahun 2012 di Santika Dyandra Hotel Senin (29/10/2012) yang dihadiri oleh Sejretaris Derah Provinsi Sumatera Utara H Nurdin Lubis, SH, MM, Duta Besar Sudan untuk RI Abdul Al Rahim Al Siddiq, anggota DPD RI Parlindungan Purba, Rahmatshah, Walikota Medan Rahudman Harahap, Ketua Sumatera Promo Hendri Hutabarat, Ketua Panitia Bibie Lubis dan para buyers dan sellers jasa pariwisata dari berbagai negara.

Dalam pidato sambutannya, Sapta mengomentari jumlah kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2011 sebanyak 223.126 wisatawan yang menurutnya masih terbilang minim. Mengingat potensi besar industri pariwisata yang ada di Sumut, dia yakin Sumut mampu menembus angka kunjungan wisatawan mancanegara sebesar satu juta per tahunnya.

Sapta mengatakan Sumatera Utara merupakan salah satu daerah tujuan wisata terbaik di Indonesia dengan berbagai keunggulan. Sumut memiliki wisata alam yang sangat baik diantaranya biodiversity yang ada di Taman Nasional Gunung Leuser sebagai wilayah konservasi terluas di Indonesia. Disampimg itu ada Danau Toba yang merupakan hasil letusan besar gunung berapi (super vulcano) yang tidak saja indah namun juga kaya akan budaya dan sarat ilmu pengetahuan.

Dengan dukungan kemudahan aksesibikitas dan fasilitas perhotelan yang baik, Sapta yakin Sumut mampu meningkatkan angka kunjungan wisata manacanegara. “Singapura saja negara yang kecil mampu mengundang 11 juta wisatawan datang, demikian juga Prancis yang juga kecil didatangi sekitar 40 juta wisatawan. Saya yakin Sumut bisa dikunjungi lebih dari satu juta wisatawan,” kata Sapta.

Sapta menyebutkan besarnya jumlah wisatawan di seluruh dunia yang mencapai angka satu milyar, masih membuka kesempatan bagi Indonesia untuk melipatgandakan angka kunjungan wisata. “Ayo bekerja lebih keras lagi untuk meraih kesempatan besar ini” imbuh Sapta di hadapan stakeholder pariwisata yang hadir.

Data dari kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif menyebutkan bahwa tahun 2011 sebanyak 7,6 juta wisatawan mancanegara megunjungi Indonesia dan ada sekitar 236 juta wisatawan nusantara. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif menargetkan angka kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2012 sebesar 8 juta wisatawan dan 245 juta wisatawan nusantara.

Plt Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho, ST dalam sambutannya yang dibacakan Seretaris Daerah Nurdin Lubis mengungkapkan bahwa pariwisata merupakan salah satu penggerak ekonomi daerah yang dampaknya dapat dirasakan langsung oleh masyaakat dan pelaku pariwisata. SITF 2012 diharapkan dapat mendorong peningkagan jumlah kunjunjungan wisatawan ke Sumut.

Pada tahun 2011, kunjungan wisman ke Sumut tercatat 223.126 orang yang meningkat 16,54 % dari tahun 2010. SITF menurut Gatot strategis dalam mengenalkan potensi pariwisata Sumut kepada para buyers asing yang hadir.

Ketua Panitia Bibie Lubis menyebutkan SITF diikuti oleh 55 exhibitors atau penjual yang akan dikunjungi sekitar 1.000 pelaku industri pariwisata dalam dan luar negeri. Sebanyak 60 buyers dalam negeri dan asing hadir pada SITF 2012 yang diantaranya berasal dari Belanda, Jerman, Malaysia, Kamboja, Vietnam, Indiam Thailand, Pilifina, Singapura, Taiwan dan RRC.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: