Pemko Medan Sembelih 168 Ekor Hewan Kurban

barometersumut.com/Medan

Pemko Medan menyembelih sebanyak 168 ekor hewan kurban berupa lembu. Penyembelihan yang dilaksanakan secara serempak  di seluruh kecamatan ini, dimulai setelah selesai melaksanakan  Shalat Idul Adha 1433 H , Jumat (26/10/2012) kemarin.

Jumlah hewan kurban yang disembelih tahun ini meningkat tajam lebih dari 50 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 100 ekor lembu dan 1 ekor kambing. Sementara itu jumlah  total hewan kurban yang disembelih  masyarakat di seluruh Kota Medan sebanyak 6.863 ekor lembu  dan kambing 1.783 ekor.

Seluruh penyembelihan hewan kurban Pemko Medan yang dilaksanakan di seluruh kecamatan ini, dipantau dan diawasi langsung Pemko Medan, termasuk Wali kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM, Wakil Wali kota Drs H Dzulmi Eldin MSi , Sekda Ir Syaiful Bahri MM serta seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) di lingkungan Pemko Medan. Hal itu dilakukan agar daging kurban tersebut benar-benar disalurkan kepada warga yang benar-benar membutuhkannya.

Wali Kota  menyaksikan langsung penyembelihan hewan kurban di dua lokasi yakni Kantor Camat Medan Deli  Jalan Rumah Potong Hewan (RPH) Mabar dan Kantor Kecamatan Medan Marelan Jalan Rahmatbudin Medan.  Penyaksian penyembelihan hewan kurban ini dilakukan Wali Kota usai Shalat Idul Adha 1433 H di Lapangan Merdeka. Sementara Wakil Wali Kota Drs H Dzulmi Eldin di Kecamatan Medan Labuhan dan Kecamatan Medan Belawan, sedangkan Sekda ir Syaiful Bahri MM di Kecamatan Medan Barat dan Medan Johor. Sedangkan kecamatan lainnya dipantau langsung para asisten, kepala badan dan pimpinan SKPD.

Orang nomor satu di Pemko Medan ini tiba bersama istri Hj Yusra Siregar bersama keluarga beserta sejumlah pimpinan SKPD didampingi Kabag Humasy Budi Hariono SSTP MAP. Di tempat itu hewan kurban yang disembelih sebanyak 12 ekor, diantaranya hewan kurban Wali Kota beserta keluarga.

Ketika memberikan sambutan, Wali Kota mengungkapkan  system penyembelihan hewan kurabn tahun ini tidak dilakukan di Rumah Potong Hewah (RPH) lagi tetapi difokuskan di masing-masing kecamatan. Hal itu dilakukan agar daging kurban cepat sampai kepada masyarakat untuk segera diolah dan dinikmati.  “Jika tahun lalu ada daging kurban yang disembelih di RPH sampai kepada masyarakat menjelang maghrib, makanya untuk tahun ini kita rubah dan kita pusatkan di seluruh kecamatan,” kata Wali kota.

Untuk itu Wali Kota mengingatkan kepada seluruh camat, lurah, tokoh masyarakat dan panitia kurban agar terus mengawasi pendistribusian mampu itu benar-benar bias daging kurban agar benar-benar sampai kepada masyarakat, terutama bagi mereka yang membutuhkannya. Dengan demikian masyarakat yang kurang mampu dapat merasakan keindahan Hari Raya Idul Adha 1433 H.

Selanjutnya, Wali Kota mengajak seluruh warga yang hadir di lokasi penyembelihan untuk bersama-sama mendoakan para jemaah haji  yang kini sedang berada di Tanah Suci Mekah agar selalu diberi kekuatan dan kesehatan sehingga mampu menyelesaikan seluruh rukun haji dengan baik dan menyandang haji mabrur, termasuk sekembalinya mereka ke tanah air.

Ditambahkan Wali kota,  banyak SMS masuk yang diterimanya dari para jemaah haji asal kota Medan. Umumnya mereka mengucapkan terima kasih kepada Pemko Medan karena telah menanggung makan dan minum selama berada di Kota Mekah, termasuk  penyediaan 20 unit bus sebagai sarana transportasi. “Meski demikian kita masih belum puas, kita akan melakukan evaluasi sehingga tahun berikutnya pelayanan yang kita berikan bias lebih baik dan memuaskan para jemaah haji dari kota Medan,” harapnya.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: