Walikota: Perguruan Tinggi Jangan Seperti Menara Gading

barometersumut.com/Medan

Walikota Medan, Drs H Rahudman Harahap MM, mengharapkan Perguruan Tinggi  tidak boleh seperti menara gading, namun harus memberikan jembatan ilmu dan tehknologi dalam praktek-praktek pembangunan yang berjalan.
“Sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan, Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al-Washliyah tetap dituntut untuk dapat mempertahankan hasil-hasil pembangunan pendidikan yang telah dicapai, sekaligus mempersiapkan sumber daya manusia yang kompeten agar mampu bersaing dengan kebutuhan pasar kerja,” kata Walikota, pada Oreantasi Program Studi Pengenalan Kampus (Ospek) di Kampus UMN Al-Washliyah, Rabu (10/10).

Selain itu, kata Walikota, sistim penyelenggaraan pendidikan haruslah demokratis, memperhatikan kebutuhan dan keadaan daerah, peserta didik serta mendorong partisipasi masyarakat. “Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh civitas akademika UMN yang  telah menyelenggarakan proses belajar mengajar dengan baik, “ungkapnya.

Kepada mahasiswa-mahasiswi UMN Al-Washliyah, Walikota, juga berharapuntuk memanfaatkan waktu selama melakukan studi dengan tekun dan bersungguh-sungguh. “Harus diingat, kemajuan bangsa ini bergantung pada konstribusi para mahasiswa-mahasiswi. Ketika telah menyelesiakan studi dan berkiprah di bidang pembangunan daerah, masyarakat dan bangsa membutuhkan konstribus terbaik dari saudara,” sebutnya.

Saat ini, sebut Walikota, salah satu tuntutan pasar terhadap para lulusan perguruan tinggi adalah kemampuan kewirausahaan. “Dengan demikian juga lujlusan UJMN Al_Washliyah diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat, sebagai wujud kemandirian lulusan sekaligus mendukung kemandirian bangsa,“ ujarnya.

Ditambahkan, lulusan perguruan tinggi diharapkan tanggap terhadap perubahan, memiliki jiwa inovatif, kreatif yang mampu menciptakan peluang usaha serta berkemampuan membangun jejaring usaha, sekaligus dapat menjadi pelaku wirausaha yang mampu mengembangkan industri daerah yang kompetitif.

“Sedangkan kepada perguruan tinggi diharapkan dapat aktif memberikan model, pendekatan praktis dalam kebijakan dan program-program pembangunan yang semakin efektif,” katanya.

Selain itu juga, lanjut Walikota, kurikulum pendidikan juga harus memfasilitasi keselarasan antara kompetesi pendidikan dengan pasar kerja. “Untuk itu pemerintah akan bekerjasama dengan perguruan tinggi dalam implementasinya, karena pembangunan bangsa membutuhkan fikiran-fikiran dan gagasan berkualitas, tindakan-tindakan nyata para mahsiswa sebagai kelompok terdidik, Kota Medan membutuhkan kompetrensi saudara untuk bersama-sama meningkatkan prekonomian masyarakat kota,” pungkasnya.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: