Walikota: Pembinaan Karir Guru Harus Berdasarkan Kompetensi & Prestasi Kerja

barometersumut.com/Medan

Sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 35 tahun 2010, untuk mewujudkan pembinaan karir guru berdasarkan kompetensi dan prestasi kerja. Karenanya, penilaian itu harus lebih akurat dan objektif agar memotivasi guru dalam meningkatkan prestasi kerjanya.
“Saya harapkan daftar penetapan angka kredit (Dupak) dan penetapan angka kredit (PAK) bagi guru dan tenaga kerja kesehatan harus tersusun rapi dan jelas. Tidak ada lagi masalah klasik soal tidak jelasnya Dupak dan PAK, “ kata Walikota Medan, Drs H Rahudman Harahap MM, melalui Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Drs Parluhutan Hasibuan, pada bimbingan teknis kenaikan pangkat dan penetapan angka kredit dalam jabatan fungsional guru dan kesehatan di lingkungan Pemerintah Kota Medan, Rabu (10/10).

Dikatakan, Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memangku jabatan fungsional tentunya berbeda dengan PNS yang memangku jabatan struktural, terutama mengenai kenaikan pangka. Keistimewaan PNS yang memangku jabatan funsional adalah kenaikan pangkat yang dapat diukur melalui angka kredit.

Menurutnya, selama ini kenaikan pangkat dan penetapan angka kredit ini menjadi persoalan klasik dikalangan pegawai negerfi sipil, karena angka kredit berkenan langsung dengan kenaikan pangkat PNS dalam jabatan fungsional.

“Banyak pegawai PNS yang memangku jabatan funsional, seperti tenaga guru dan kesehatan yang kurang memperhatikan jumlah penetapan angka kreditnya, serta syarat-syarat untuk kenaiakan pangkat, sehingga melebihi dari batas waktu,“ ujar Parluhutan.

Untuk itulah lanjut Parluhutan, mengingat pentingnya pembenahan persoalan kenaikan pangkat PNS ini memang perlu diadakan bimbingan teknis kepada para kepala sekolah dan PNS yang mengelola/membidangi bidang kepagawaian dalam pembuatan Dupak dan PAK, khususnya kepala sekolah agar dalam membuat ususlan Dupak benar-benar menilai kinerja guru secara objektif.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: