Mahasiswa Asing di Medan Segera Didata

barometersumut.com/Medan

Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Kependudukan dan Kantor Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan segera melakukan pendataan terhadap seluruh mahasiswa asing yang menimba ilmu di sejumlah perguruan tinggi negeri maupun swasta di Kota Medan.
“Hal ini dilakukan untuk mengetahui berapa  sebenarnya jumlah mahasiswa asing yang kuliah di Kota Medan,” sebut Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan, Freiment FS Aruan, ketika bersama dua anggotanya diterima Walikota Medan, Drs H Rahudman Harahap MM, Rabu (10/10).

Sebelum pendataan dilakukan, kata Aruan, terlebih dahulu dilakukan sosialisasi terkait masalah kependudukan dan keimigrasian kepada para mahasiswa asing tersebut.Menurut  Aruan,  sosialisasi yang dilakukan ini untuk memberikan penjelasan kepada mahasiswa asing mengenai masalah kependudukan dan keimigrasian  berbasis internet sehingga mereka mengetahuinya secara jelas. Sebagai narasumber akan dihadirkan pembicara dari Disdukcapil, Imigrasi dan Kepolisian.

“Sosialisasi ini hasil  kerjasama Disdukcapil  dan  Kantor Imigrasi  Kelas I Khusus Medan. Rencananya, sosialisasi ini akan diikuti sekitar 200 mahasiswa asing. 175 orang mahasiswa asing dari Universitas Sumatera Utara, sedangkan sisanya yang 25 orang lagi berasal dari Universitas Negeri Medan (Unimed)  dan Institut Agama  Islam  Negeri  (IAIN) Sumatera Utara,” kata Aruan.

Selanjutnya untuk melakukan pendataan mahasiswa asing, Aruan menyatakan telah menyipkan anggotanya. Mereka tinggal menunggu petuinjuk dari Wali Kota kapan pendataan dilakukan bersama dengan Disdukcapil. Dengan pendataan yang dilakukan diharapkan akan diperoleh data secara jelas berapa mahasiswa asing yang ada di Medan.

Sementara Walikota Medan mengapresiasi kegiatan itu, karena Walikota ingin memberikan kemudahan bagi mahasiswa asing yang kuliah di Kota Medan.Karena Walikota ingin menunjukkan kepada warga asing bahwa kota Medan cukup aman dan kondusif serta sangat layak untuk tempat menimba ilmu pengetahuan. Karenanya, dia tidak ingin ada pihak yang mempersulit orang asing di kota ini.“Semakin banyak orang asing kuliah di Kota Medan, maka semakin banyak devisa yang dihasilkan.  Untuk itu kita akan membuat mereka senyaman mungkin tinggal di Kota Medan,” jelas Walikota.

Dijelaskan, pendataan yang akan dilakukan ini sebagai bentuk pelayanan. Baginya, mahasiswa asing  harus juga mendapat pelayanan  yang baik. Dengan demikian image Kota Medan menjadi lebih baik lagi sehingga  menarik perhatian orang asing lainnya untuk mengunjunginya. Tentunya ini sangat mendukung program Visit Medan Years 2012. Di samping itu  ikut mendotrong suksesnya Medan sebagai Kota MICE (meeting, incentive, convention dan exhibition).

Kemudian, Walikota  minta kepada Disdukcapil dan pihak Imigrasi  untuk mendata dan mengawasi LSM Asing, pekerja asing maupun orang-rang asing yang ada di Kota Medan. Sejauh ini belum diketahui berapa jumlahnya di Kota Medan. Dia yakin masih banyak orang asing yang belum terdata sehingga sulit untuk mengawasinya.

Sementara itu Kadisdukcapil Muslim Harahap mengungkapkan jumlah mahasiswa asing di USU berjumlah 711 orang. Umumnya mereka berasal dari Malaysia dan kuliah di Fakultas Kedokteran.  Selain itu masih ada mahasiswa asing yang kuliah di Unimed, IAIN Sumut, Universitas Methodist dan beberapa perguruan tinggi lainnya.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: