Wakil Walikota Medan Buka Forum Sosialisasi Asean Community 2015

barometersumut.com/Medan

Kehadiran Asean Cummunity Tahun 2015, dan berbagai dinamika social , harus kita sikapi dengan matang. Untuk itu ,Pemerintah ,Pengusaha dan Pelaku bisnis, serta segenap pemangku kepentingan , harus lebih menyiapkan diri dari sekarang. Sebab implementasi sebagaimana yang akan terbentuk ,justru dapat menjadi bumerang bagi kita sendiri bila kita tidak siap dan tidak memiliki daya saing yang cukup, hal ini disampaikan Wakil Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S,MSi pada saat membuka kegiatan Forum “SOSIALISASI KOMUNITAS ASEAN 2015” , di Hotel Emiral Garden Medan.

Menurt Wakil Walikota Medan, kerjasama diantara Negara-negara Asean secara tradisional sudah berlangsung lama, terlebih ASEAN memiliki fondasi yang kuat, jika dilihat dari sejarah, serta kultur budaya Negara-negara anggotanya. Eksisitensi dan daya tahan Asean dalam menghadapi arus golebalisasi telah menuntut sebuah integritas modern yang lebih tangguh, terlebih jika kita melihat UNI Eropa mampu menjalin kolaborasi yang apik di tingkat dunia dalam berbagai bidang atau pembangunan regional.

Terbentuknya ASEAN community tahun 2015 yang akan datang, cenderung membuka peluang-peluang dan kesempatan baru di berbagai bidang, termasuk perdagangan dan jasa, serta distribusi sumber daya manusia antar Negara yang semakin terbuka, umgkapnya.
Saya berharap, sosialisasi ini akan memberikan refleksi,promosi, serta solusi-slusi yang relevan terhadap kesiapan kita dalam mengahdapi ASEAN Community tahun 2015. Terutama dianatra Negara-negara ASEAN, ujar Wakil Walikota.
Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Freddy  H Tulung diwakili Direktur Layanan Informasi Internasional Drs Selamatta Sembiring, MSi  dalam sambutannya mengatakan Dalam rangka menjaga stabilitas politik dan keamanan regional ASEAN dan meningkatkan daya saing kawasan secara keseluruhan di pasar dunia,serta mendorong pertumbuhan ekonomi .mengurangi kemiskinan serta meningkatkan standar hidup penduduk Negara ASEAN, maka seluruh Negara anggota ASEAN sepakat mewujudkan integrasi ekonomi yang lebih nyata yaitu “ ASEAN Economy Community (AEC).

AEC adalah bentuk integrasi ekonomi ASEAN yang direncanakan akan tercapai tahun 2015. Konsep utama dari AEC menciptakan ASEAN sebagai sebuah pasar tunggal dan kesatuan basis produksi dimana terjadi Free Flow atas barang ,jasa ,factor produksi ,investasi modal serta penghapusan tariff bagi perdagangan antar Negara ASEAN.

Melalui AEC disepakati akan dihapusnya segala bentuk tariff, jaminan mobilitas tenaga kerja yang berkualitas, dan jaminan mobilitas modal. Diharapkan hasilnya dapat mengurangi kemiskinan dan kesenjangan ekonomi diantara Negara-negara anggotanya melalui kerjasama yang saling menguntungkan, ungkapnya.

Ditambahkannya, Kesepakatan AEC telah ditandangani dan dimulai berlaku tahun 2015, hal ini perlu segera disikapi melalui upaya pembenahan disegala bidang sector terkait dengan kinerja ekonomi nasional , kalau tidak maka Indonesia hanya menjadi pasar bagi produk yang diproduksi oleh Negara-negara lain.

Kepala Dinas Prindustrian dan Perdagangan kota Medan Syafrizl Arief,SE,SH dalam laporannya mengatakan Sosialisasi ini bermaksud untuk , pertama , agar para pengusaha dan pelaku bisnis kita cerdas memanfaatkan peluang baik didalam negeri maupun di Negara-negara ASEAN dalam era komunitas ASEAN 2015. Kedua, Mampu bertahan dan bersaing dengan pengusaha lain . Ketiga, Mempersiapkan seluruh elemen masyarakat khususnya kalangan pengusaha dan pelaku bisnis dalam AEC nantinya.

Peserta socialisasi ini diikuti 100 orang peserta dari berbagai pengusdaha dan pelaku bisnis di kota Medan. Sedangkan nara sumber yaitu Direjtur Layanan Informasi Internasional Selamatta Semibirng, Dirjen Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Iwan,S Amri, Kasubdi Kerjasama antar dan Subregional ,Direktorat  Kerjasama Ekonomi Kementerian Perdagangan Fednayety, dan Dekan Fakultas Ekonomi USU Medan Jhon Tabu Ritonga, ujar Syafrizal.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: