Wali Kota Sampaikan Kuliah Umum di Universita Al Azhar Medan

barometersumut.com/Medan

Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM memberikan kuliah umum  dalam rangka kuliah perdana di Universitas Al-Azhar Medan. Selain kuliah umum, Wali Kota juga memberikan motivasi sehingga para mahasiswa sungguh-sungguh memanfaatkan waktu dan kesempatan untuk belajar dengan sebaik-baiknya sehingga menjadi generasi yang penuh inovasi dan kreasi. Di samping itu dapat memberikan kontribusi yang besar untuk pembangunan bangsa dan negara, khususnya Kota Medan.

“Kita mendorong mereka menjadi mahasiswa-mahasiswa handal, tidak egois dan memiliki wawasan ke depan yang maju serta menjadi tenaga-tenaga terampil dan memiliki skill sehingga mampu bersaing dalam persaingan global,” kata Wali Kota.

Melihat dari penanganan dosen dan fasilitas kampus yang dimiliki, Wali Kota optimis  terwujudnya mahasiswa-mahasiswa handal dari Universitas Al-Azhar. Karenanya, dia berharap universitas ini menjadi kebanggaan. Untuk itu pemerintah tidak akan tinggal diam dan terus menjalin kerjasama sehingga menjadi lebih baik lagi.

“Saya akan terus memotivasi dosen  untuk bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan di Universita Al-Azhar ini. Sebab, universitas ini merupakan salah satu asset kita dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Kota Medan. Sebab, pendidikan menjadi factor dominan dan strategis bagi kemajuan bangsa,” ungkapnya.

Menurut Wali Kota, pendidikan berkaulitas akan menghasilkan sumber daya manusia unggul baik secara mental, spiritual maupun skill. Sedangkan pemerintah hanya salan satu pelaku pendidikan. Jadi diperlukan peran serta dan sinergitas dari segenap masyarakat pendidikan, antara pemerintah, lembaga pendidikan dan masyarakat.

“Untuk mewujudkannya dibutuhkan komitmen yang kuat, pendidikan yang nyata agar mampu melahirkan generasi-generasi pembangunan yang handal dan mampu berbuat banyak baik di tingkat nasional maupun internasional,” harapnya.

Kemudian Wali Kota  berpesan agar para mahasiswa untuk selalu menanamkan rasa tahu beryukur dalam diri masing-masing. Dengan mensyukuri segal;a nikmat yang telah diberikan, maka akan terbentu rasa ikhlas. Dari rasa ikhlas itu akan  memotivasi untuk selalu bekerja keras dan bertanggung jawab penuh atas segala amanah yang telah diberikan.

Selain itu, tambahnya, harus selalu tahu berterima kasih kepada orang tua. Harus diingat dengan  perjuangan, kerja keras dan doa yang diberikan orang tua akan membawa meraih kesuksesan. “Jika mahasiswa terpisah dari orang tua,  tetap jalin komunikasi dengan orang tuas masing-masing melalui telepon ataupun SMS. Hal ini penting dilakukan agar kita menyadari akan perjuangan dan pengorbanan yang telah diberikan  orang tua kepada kita,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Wali Kota menyampaikan sejumlah program yang akan dilaksanakan dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Diantaranya, akan segera mengoperasikan bus massal dengan kapasitas 40 penumpang  dengan trayek Medan-Belawan. Pengoperasian  ini dilakukan apabila pelebaran Jalan kol L yos sudarso selesai akhir 2012 atau awal 2013.

Kemudian, melakukan revitalisasi empat pasar di Kota Medan sehingga menjadi pasar tradisional modern yang benar-benar repersentatif. Kemudian, membangun Taman Sri Deli menjadi pusat kuliner betaraf Asia Tenggara.  Pembangunan ini dilakukan karena sampai saat ini Kota Medan belum memiliki tempat  kuliner yang menyediakan seluruh kuliner khas khasnya.

Untuk memudahkan warga mengurus pencatatan akte kelahiran, Pemko Medan melalui Dinas Kependudukan dan Catatn Sipil telah melakukan Mou dengan pihak pengadilan, kantor pos dan  bank. Dengan demikian warga tidak perlu antri untuk menunggu sidang, mendatangi kantor pos maupun bank. “Pengurusan cukup dilakukan di kecamatan masing-masing,” jelasnya.

Selanjutnya, Wali Kota ke depanm akan membangun capacity building untuk meningkatkan kemampuan dan skill seluruh apraturnya. Langkah ini dilakukan agar seluruh apratur dapat menjalankan tugas sesuai dengan kema;puang dan tupoksinya masing-masing. Di samping it uterus merubah mindset yang selama ini pegawai dilayani harus dirubah untuk menjadi melayani.

Rektor Universitas Al-azhar Medan Sinto SE MM kuliah umum yang disampaikan Wali Kota ini merupaikan salah satu Tri dharma perguruan tinggi yakni pendidikan dan pengajaran. Dia berharap semua yang disampaikan  Wali Kota dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi seluruh mahasiswa. Sebab, Universitas Al azhar mempunyai tanggung jawab untuk menghasilkan mahasiswa maupun lulusan berkualitas.  Untuk itu dia minta dukungan terus dari Wali Kota baik support maupun bantuan.

Sementara itu H Mahyuzar Nasution selaku Pembina Yayasan Hj Rachmah Nasution dalam kualih perdana yang turut dihadiri Askesmas Darusalam Pohan, Kadis Pendidikan DR M Rajab Lubis, Kepala Bapeda Drs Zulkifli, Kadis Komunikasi dan Informatika Zulkifli Sitepu dan Kabag humas Budi hariono SSTP MAP mengucapkan terima kasih atas kesediaan Wali Kota di tengah padatnya waktu masih sempat memberikan kuliah umum di Universitas Al Azhar Medan. Hal ini menunjukkan Wali kota pemimpin yang sangat merakyat dan peduli dengan dunia pendidikan.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: