Wali Kota Medan Terima Penghargaan KLA Kategori Pratama

barometersumut.com/Medan

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP-PA)  Linda Gumelar  memberikan penghargaan  Kota Layak Anak (KLA) kategori  Pratama kepada Wali  Kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM di Hotel Sahid Jakarta, Rabu (3/10/2012). Penghargaan itu diberikan karena orang nomor satu di Pemko Medan ini, dinilai memiliki komitmen tinggi  dalam upaya  meningkatkan perlindungan anak  di Kota Medan untuk memenuhi hak anak.

Menurut Wali Kota, ada beberapa hal yang telah dilakukan Pemko Medan untuk memenuhi hak anak. Diantaranya pemeberian akte kelahiran gratis bagi bayi berusia 0 sampai 1 tahun. Malah untuk anak yang usianya di atas 1 tahun telah diberi kemudahan dalam mendapatkan akte kelahiran. Di samping itu sejumlah fasiilitas  umum seperti puskesmas, rumah sakit, taman  maupun perpustakaan dibuat tempat bermain untuk anak.

Untuk rumah sakit, jelas Wali Kota, baru Rumah Sakit Columbia yang menyediakan tempat bermain untu anak. Karenanya, Wali Kota akan menginstruksikan kepada seluruh rumah sakit untuk membuat tempat bermain bagi anak. “RSU Pirngadi  Medan kini telah membuat ruang IGD khusus untuk anak. Semua ini kita lakukan sebagai bentuk komitmen untuk memenuhi hak anak ,” kata Wali Kota didampingi Kepala Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Medan Usma Polita.

Dengan penghargaan yang diterima ini, Wali Kota  mengaku semakin termotivasi  sehingga akan berbuat lebih banyak  lagi dalam pembentukan karakter anak sejak dini. “Saya kira itu yang paling penting  untuk dilakukan. Karenanya, penanganan anak harus sudah dilakukan mulai sejak  taman kana-kanak sehingga terbentuk dan terbangun mental dan karakter yang lebih kuat,” jelasnya.

Kemudian, Wali kota selanjutnya akan membenahi seluruh taman-taman yang ada di Kota Medan. Taman-taman itu akan dilengkapi dengan fasilitas bermain  sehingga anak-anak tidak perlu lagi bermain di mall. Selain itu akan membuat pusat-pusat bacaan seperti yang telah dilakukan di Perpustakaan  Medan. Di samping  memiliki tempat membaca yang refresentatif, perpustakaan itu juga memiliki ruangan khusus untuk bermain anak-anak.

Meski demikian Wali Kota masih belum puas dengan Perpustakaan Medan. Itu sebabnya dia akan membangun gedung perpustakaan menjadi   bertingkat. Hal itu dilakukan agar Perpustakaan Medan benar-benar menjadi tempat membaca yang benar-benar menarik bagi seluruh warga Kota Medan, terutama anak-anak.       “Jadi perpustakaan tidak hanya sekedar  menjadi tempat membaca tetapi juga sebagai lokasi bermain yang menarik bagi anak-anak,” terangnya.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP-PA) Republik  Indonesia Linda Gumelar menjelaskan, penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap kepala daerah dalam upaya yang telah dilakukan dalam memberikan perlindungan dan memenuhi hak anak. Salah satunya pemberian identitas diri berupa kate kelahiran yang merupakan hak dasar setiap anak.

Itu sebabnya penghargaan yang diberikan ada dua yakni Kabupaten/Kota Layak Anak dan Penerbitan Kebijakan Daerah terkait pemberian akte kelahiran bebas bea dalam berbagai kategori  yang telah  mengedepankan pembangunan KLA. Sampai tahun ini ada sekitar 100 kabupaten/kota yang telah mencanangkan  menuju layak anak.  Malah 40 diantaranya melakukannya secara mandiri, artinya pencananangan itu dilakukan atas kesadaran sendiri untuk meningkatkan perlindungan dan memenuhi hak anak di wilayahnya masing-masing.

“Untuk kebijakan daerah terkait pemberian akte kelahiran gratis, sapai tahun lalu tercatat 244 kabupaten/kota yang telahnya. Sedangkan tahun ini bertambah 33 kabupaten/kota yang mempunyai komitmen kuat dan sungguh-sungguh untuk memberikan akte kelahiran gratis bagi anak-anak. Dengan demikian sampai tahun 2012, telah lebih dari separuh kabupaten/kota di Indonesia yang memiliki kebijakan pemberian akte kelahiran secara gratis,” jelas Linda.

Untuk Sumatera Utara, tidak hanya  Kota Medan yang mendapBedagai.atkan penghargaan KLA, ada tiga kabupaten lagi     yang mendapatkannya yakni Deli Serdang, Langkat dan Serdang. Dengan penghargaan yang diberikan ini, Linda berharap menjadi motivasi dan aspires  bagi kabupaten maupun kota lainnya untuk segeranegikutinya.

Acara pemberian penghargaan ini turut dihadiri Wali Kota Solo yang berhasil memenangi pemilihan Gubernur DKI  Jakarta  yakni Joko Widodo alias Jokowi, Bupati Langkat Ngogesa Sitepu, Bupati Sergei T Herry Nuradi, Bupati Deliserdang Amri Tambunan serta walikota maupun kabupaten lainnya yangberhasil mendapatkan  penghargaan.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: