2013, Medan Tuan Rumah Konfrensi Suku Hainan se-Dunia

barometersumut.com/Medan

Kota Medan akan menjadi tuan rumah Konfrensi  Suku Hainan se-Dunia  yang akan berlangsung pada Oktober  2013. Rencananya, konggres ini  yang akan dibuka langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia ini akan dihadiri sekitar 3.000 peserta yang berasal dari 25 negara. Karenanya, Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM diharapkan mendukung even bertaraf internasional ini.

Hal ini terungkap ketika Wali Kota didampingi Asisten Ekbang Ir Qamarul Fatah, Kadisbudpar Drs Busral Manan dan Kabag Humas Budi Hariono SSTP MAP menerima kunjungan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebijakan Kepariwisataan Berman Lubis  yang membawa Ketua Suku Hainan Indonesia Jauhari Chandra, Amin Wijaya (Ketua Yayasan Laut Selatan Cabang Medan), Darsin Kosim dan Taufik Lestari di Medan.

“Penunjukan sebagai tuan rumah Konfrensi Suku Hainan se-Dunia dalam upaya Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung Kota Medan sebagai tujuan wisata MICE (meeting, incentive, convention dan exhibition). Selain itu Kota Medan sangat aman dan kondusif, serta  memiliki fasilitas pendukung yang sangat baik,” kata Berman.

Dijelaskan Bernan, Suku Hainan yang datang tidak hanya dari Cina tetapi  dari  banyak Negara. Saat ini Suku Hainan tersebar di 25 negara seperti Amerika, Australia, Inggris maupun  Singapura. Dengan digelarnya konfrensi ini, Bernan meyakini akan mendorong peningkatan perekonomian di ibukota provinsi Sumatera Utara ini.

“Seluruh hotel di Kota Medan dipastikan dipenuhi oleh para peserta. Selain hotel, mereka tentunya akan berbelanja baik kuliner maupun souvenir yang ada. Karenanya, manfaat digelarnya konfrensi ini dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, terutama  yang berprofesi sebagai  pedagang kuliner dan souvenir. Itu telah terbukti  ketika Suku Hainan melaksanakan konfrensi di Bali  beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Suku Hainan Indonesia Jauhari Chandra menjelaskan, konfresni itu akan digelar 26-27 Oktober  2013. “Peserta yang akan datang sekitar 3.000 orang dari seluruh dunia. Perinciannya, 2.200  peserta berasal dari 25 negara, sedangkan 800 peserta lagi berasal dari seluruh Indonesia. Tujuan kami memilih Medan sebagai tuan rumah untuk memperkenalkan kota ini kepada dunia,” terang Jauhari.

Adapun kegiatan yang akan digelar dalam konfrensi itu, jelas Jauhari,  meliputi kegiatan budaya, maupun pameran untuk memperkenalkan potensi-potensi yang dimiliki Kota Medan. Selain itu akan digelar seminar mengenai investasi. “Kita berharapm dengan seminar investasi ini, para epserta yang berasal dari 25 negara tertarik untuk berinvestasi di sumatera Utara maupun Kota Medan,” harapnya.

Wali kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM mengucapkan terima kasih kepada Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Ketua Suku Hainan Indonesia karena telah mempercayakan Kota Medan sebagai tuan rumah Konfrensi Suku Hainan se-Dunia. Penunjukan ini tentunya sangat mendukung Medan sebagai Kota MICE.

Kemudian Wali Kota juga menyambut baik karena konfrensi akan dirangkaikan dengan seminar investasi . “Jadi mari sama-sama kita jadikan momen ini  untuk menarik para investor agar mau berinvestasi di Kota Medan. Selain meningkatkan pertumbuhan perekonomi, tentunya akan membuka lapangan kerja,” kata Wali Kota.

Guna mendukung suksesnya pelaksanaan Konfrensi Suku Hainan se-Dunia ini, Wali Kota minta kepada Ketua Hainan Indonesia untuk terus bersinergi dan berkoordinasi dengan Kadisbudpar Medan.  Di samping itu Wali Kota juga  akan memfokuskan  perbaikan infrastruktur  di Kota Medan  sampai akhir 2012, terutama sarana jalan sehingga pelaksanaan konfrensi berjalan dengan baik seperti yang diharapkan. Termasuk, percepatan pembangunan taman parkir City Airport Terminal (CAT) di Lapangan Merdeka.

“Dengan selesainya pembangunan City Airport Terminal akan memudahkan penumpang menuju Bandara Kuala Namu atau sebaliknya dari Bandara Kuala Namu menuju Kota Medan dengan menggunakan jasa kereta api cepat.  Cukup  membutuhkan 25 menit, penumpang  sudah sampai Bandara Kuala Namu dan terbebas dari segala kemacetan. Tentunya ini akan sangat membantu para peserta konfrensi ,” ungkapnya seraya menambahkan untuk 2013, program yang akan dilakukan menjadikan Kota Medan menjadi lebih indah lagi.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: