FKUB Diharapkan Mampu Atasi Gesekan di Masyarakat

barometersumut.com/Medan

Selama ini Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Medan mampu menjalankan program kerjanya dengan baik. Meski demikian kondisi  Kota Medan yang saat ini kondusif bukan tidak mungkin terusik akibat adanya gesekan-gesekan berbagai kepentingan seperti politik, ekonomi dan sebagainya.  Karenanya melalui FKUB, para tokoh agama bisa bahu membahu mengantisipasinya secara dini.

Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM menyampaikan hal ini ketika mengukuhkan Pengurus FKUB dan Dewan Penasehat FKUB Kota Medan periode 2012-2017 di Aston Citu Hall Medan.

“Kita memiliki masyarakat kota yang mejemuk, memiliki keanekaragaman suku, ras, agama dan golongan yang berbeda namun hidup penuh persaudaraan. Karena itu saya memandang kedudukan, fungsi dan perananan FKUB sebagai fasilitator, mediator kerukunan sosial  dan pengembangan toleransi beragama sepanjang berdirinya cukup stategis dan penting di tengah masyarakat,” kata Wali kota.

Menurut Wali Kota, sebagai wadah kerjasama antar umat beragama, FKUB selalu menjadi perekat dalam perbedaan-perbedaan yang ada. Selain itu sebagai wadah komunikasi dan persatuan dalam kemajemukan yang dimiliki. Hal inilah yang membuat daerah  sampai Kementrian Luar negeri ingin memahami lebih baik model kerukunan yang ada di kota Medan.

Ditambah lagi, lanjutnya, masyarakat kota Medan sangat toleran terhadap keberagaman kepercayaan sehingga terciptanya kondisi  yang aman dan kondusif.  Berkat keondusifan inilah  yang membuat pembangunan dapat dilaksanakan dengan semangat persatuan dan kesatuan serta persaudaraan yang kokoh.

“Saat ini Pemko Medan terus memperkuat  program-program pembangunan kota yang berbasis masyarakat. Untuk itu, saya berharap  FKUB dapat berperan aktif sertab memberikan bimbingan kepada masyarakat untuk memelihara kerukunan umat beragama dan antar agama di bidang  pelayanan, pengaturan dan pemberdayaan umat. Saya selalu menyadari keterlibatan dan peran FKUB akan sangat membantu menggerakakkan pem,bangunan yang kita cita-citakan,”  ungkapnya.

Atas dasar itulah Wali kota melalui kesempatan ini berharap agar segenap pengurus FKUB memiliki komitmen, tanggung jawab, tugas dan kewajiban yang sama sebagaimana halnya pemko Medan untuk menjalankan pembangunan  sesuai dengan kewenangannya. Di samping itu terus memelihara kerukunan hidup antar umat beragama sehingga ibu kota provinsi Sumatera Utara tetap aman dan kondusif.

Sementara itu Ketua FKUB Kota Medan Drs Palit Muda Harahap MA mengucapkan terima kasih kepada Pemko Medan karena telah mempercayakan mereka untuk duduk di kepengurusan FKUB kota Medan periode 2012-2017. Untuk itu dia mengajak seluruh pengurus yang baru dilantik untuk memberikan kinerja  dan pengabdian terbaik  dalam memelihara kerukunan umat beragama.

Sebelum pengukuhan ini dilakukan, Palit mengaku pihaknya sudah menggelar sejumlah kegiatan keagamaan seperti dialog keagamaan dengan seluruh kepala lingkungan, pemuda serta tokoh keagamaan  yang ada di Kota Medan.  Termasuk, akan menggelar dialog kerukunan siswa SLTA Lintas Agama.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: