Walikota Medan Terima Kunjungan Kerja DPRD Kota Sidimpuan

barometersumut.com/Medan

Walikolta Medan Drs H Rahudman Harahap,MM didampingi Wakil Walikota Medan Drs T Dzulmi Eldin S,MSi menerima kunjungan kerja anggota DPRD Kota Padang Sidimpuan dari Fraksi Karya Nasional Bersatu (FKNB) di Balaikota Medan.  Kunjungan itu dilakukan untuk minta masukan terkait dengan pesatnya pembangunan dan kemajuan di Kota Medan.

Dalam sambutannnya, Wali Kota memaparkan Kota Medan sebagai ibukota Provinsi Sumut dengan  jumlah penduduknya  saat ini sekitar 2,9 juta jiwa dan luas wilayah lebih kurang 26.510 hektar, sedangkan penduduk terbesarnya suku Jawa sebanyak 33 persen.

Dijelaskan Wali Kota, kiat-kiat pembangunan kota itu,  pemimpinnya harus kuat,tangguh,berani mengambil resiko dan harus kerja keras untuk masyarakat. Kemudian memiliki kemampuan berhubungan dengan sumber-sumber pembiayaan, baik dengan pemrintah daerah atasan maupun sector swasta, karna banyak tugas-tugas pembangunan di bukan kewenangan daerah, tetapi harus dikerjakan oleh pemerintah atasan dan jpihak swasta.Kemudian jangan pernah merasa rakyat membutuhkan kita, kitalah yang membutuhkan masyarakat

Kemudian Walikota menambahkan, langkah-langkah strategis yang ditempuh dalam melaksanakan pembangunan kota antara lain. Penataan kelembagaan yang semakin efisien. Penrapan Standar Operasional Prosudur (SOP) pelayanan pebulik. Penerapan Sistem Informasi Manajemen (SIM) berbasis IT, misalnya pada Perizinan, Perencanaan Keuangan dll. P{enrapan siklus perencanaan/anggran tepat waktu. Memperkuat system pengendalian internal pemerintah,rapat kerja, pelaksanaan program, dan rapat kerja capaian kinerja SKPD secara regular.

Swelain itu, tambahnya, pemberian tambahan bagi aparatur. Penyelenggaraan diklat structural, fungsional dan teknis. Memperkuat kedudukan dan peran Camat,Kelurahan dan Lingkungan dengan program-program berbasis masyarakat. Memperkuat program-program legislasi bersama-sama dengan DPRD termasuk berbagai peraturan pelaksanaannya. Konsistensi perencanaan mulai dari RPJMD-RKPD-KUA/PPAS,APBD, penetapan kinerja dan penetapan indicator kinerja utama.        

Pada kesempatan itu, Wali Kota juga menyampaikan sejumlah -prestasi pembangan kota Medan dari pemerintah Pusat dalam 2 tahun terkahir ini antara lain Publik Ekspose kota Langit Biru, Kategori Kota Metropolitan. ICT Pura (Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pemerintahan) dari Menteri Kominfo RI. Penghargaan bidang Pekerjaan Umum dari Menteri Pekerjaan Umum RI. Penghargaan dalam bidang Penanggulangan HIV/AIDs. Piala Madya Pakarti I, atas keberhasilan pelayanan Keluarga Berencana (KB), PKK dan Kesehatan.Piala Adipura,Kategori kota Metropolitan. Penghargaan atas opini Tata Kelola keuangan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari Menteri Keuangan RI. Penghargaan Pemeringkatan e-Government Indonesia.  Award Badan Penyelesaian Sengketa konsumen (BPSK). Penghargaan E-KTP danlain-lainnya, ujar Rahudman. 

Tati Hariani Tambunan Wakil Ketua DPRD Padang Sidimpuan sebagai pimpinan rombongan mengatakan, anggota DPRD Kota Padang Sidimpuan berjumlah 10 orang datang ke Kota Medan ini dalam rangka kunjungan kerja. Mereka ingin  masukan-masukan terkait dengan pesatnya perkembangan dan kemajuan di kota Medan. Semua masukan itu akan coba diterapkan di Kota Padangsidempuan, sehingga bisa mengikuti  jejak Kota Medan.               

Kunjungan ini akan kita jadikan barometer untuk pembangunan kota Padang Sidimpuan kedepan,dan  bagiamana kiat-kiat kinerja pak Walikota sekarang ini perlu dipelajari, kata Tati didampingi anggota lainnya yakni Nurhamida batubara, Syahrul Harahap, Erwin Nasution, Anuar Panjaitan, Sofian Harahap, Harianto, Hj.Herlina, Hamdani, Fransisko, dan para staf anggota fraksi.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: