Wali Kota Medan akan Pantau Calhaj Asal Medan Setiap Hari

barometersumut.com/Medan

Wali kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM  mengatakan akan terus memantau perkembangan seluruh calon jemaah haji  (calhaj) asal Kota Medan selama berada di Tanah Suci setiap harinya, terutama ketika mereka berada di Kota  Mekah.  Hal itu dilakukan untuk mengetahui apakah seluruh seluruh  calhaj terlayani dengan baik.

“Saya akan terus pantau perkembangan calhaj asal Kota Medan setiap hari. Itu saya lakukan agar seluruh calhaj terlayani dengan baik. Dengan demikian mereka dapat menjalankan seluruh rukun haji dengan tenang dan penuh keihlasan,” kata Wali kota ketika memberikan pengarahan kepada seluiruh petugas haji, termasuk 7 pengawas haji  dari Pemko Medan di pendopo rumah dinas Jalan Sudirman Medan.

Menurut Wali Kota, pemantauan ini harus dilakukan karena baru pertama kali ini Pemko Medan membuat kebijakan untuk menanggung catering  calhaj  beserta sarana transport ketika berada di Kota Mekah selama 24 hari. Sebelumnya,  Pemko Medan  selalu memberikan uang sekitar 100 -200 rial kepada masing-masing calhaj.

Lalu, Wali Kota minta kepada 7 pengawas haji dari Pemko Medan  untuk bersinergitas  dan bekerjasama dengan pengurus haji yang ada sehingga hasilnya bisa lebih baik lagi. Dijelaskannya, pengiriman 7 pengawas haji  ini dilakukan untuk mengawasi  jalannya pembagian catering dan proses transportasi  sehingga berjalan dengan lancer seperti yang diharapkan.

“Karena ini baru pertama kali dilakukan, saya yakin akan ditemui sejumlah kekurangan. Yang pasti semua kekurangan itu akan kita perbaiki sehingga  untuk musim haji tahun depan bisa lebih baik lagi. Untuk itulah maka kita kirim 7 pengawas dari Pemko Medan. Selain itu 7 pengawas haji ini akan melihat hakl-hal terbaik apa lagi yang bisa kita buat untuk musim haji tahun depan,’ jelasnya.

Selanjutnya, Wali Kota berharap kepada 7 pengawas haji  dan pengurus haji  lainnya agar benar-benar  membantu  para calhaj dengan penuh keikhlasan. Bantuan yang diberikan itu akan menjadi amal ibadah. “Saya menyerahkan semua tugas ini kepada tim yang telah dibentuk. Tunjukkan kebersamaan kita dan selalu kompak dalam bekerja serta penuh keikhlasan. Ini akan menjadi amal ibadah bagi kita,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu Wali Kota  tak lupa mengucapkan rasa syukur dan terima kasihnya, sebab 2.926 orang calhaj Kota Medan terbagi dalam 12 kloter. Dari jumlah itu, 6 kloter berisi calhaj asal Medan. Ini merupakan  sejarah, sebab selama ini calhaj asal Kota Medan tak pernah  bisa sepenuhnya tergabung dalam satu kloter. “Biasanya calhaj asal Medan selalu bergabung dengan calhaj dari kota maupun kabupaten lainnya di Sumut. Karenanya,  kita harus mensyukurinya,” terangnya.

Pengarahan  yang diberikan Wali Kota ini turut dihadiri Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Medan Drs Iwan Zulhami MAP,Asisten kesejahteraan masyarakat darusalam Pohan, Kepala Inspektorat farid Drs Wajedi Msi, Kabag Umum M husi SE MSi, Kabag Agama dan Pendidikan Drs Suaidi, Kabag  Humasy  Budi Hariono MAP serta seluruh pengurus  haji.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: