Pedagang UMKM Medan Berharap Dikirim ke Jepang

barometersumut.com/Medan

Hubungan kerjasama  dalam bentuk sister city  (kota bersaudara) yang sudah lama berlangsung selama ini, diharapkan tidak hanya  dilakukan dalam bidang pertukaran pelajaran semata.  Untuk itu  ke depan harus dipikirkan bagaimana cara  mengirimkan pedagang dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),  agar lebih maju dan berkembang lagi.

Harapan ini disampaikan Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap ketika menghadiri acara makan malam Konsul Jenderal  (Konjen) Jepang di Medan beserta komunitas Medan-Ichikawa Tahun 2012 serta pengurus Sister City di  Restoran  Warisan Tempo Doelo Jalan Abdullah Lubis.

“Dalam beberapa tahun belakangan ini,  pertukaran pelajaran  yang telah dilakukan sudah berjalan dengan sangat baik. Tapi saya ingin ke depan, di bidang ekonomi, terutama yang menyangkut UMKM  juga harus dilakukan kerjasama. Salah satu bentuk kerjasama itu dengan mengirimkan sejumlah pedagang UMKM,” kata Wali kota.

Ternyata, lanjut Wali Kota, keinginannya itu disambut baik Konjen Jepang untuk Medan Yuji Hamada. Untuk itu akan segera disusun melalui pengurus Kadin Medan jenis-jenis pedagang UMKM mana yang akan dikirim ke Jepang.  Setelah itu akab dipilih kota-kota mana yang tepat untuk dikunjungi guna menambah  pengetahuan para pedagang UMKM sehingga nanti  mampu meningkatkan mutu kualitas produknya.

“Dengan pengiriman pedagang ini, kita harapkan pengetahuan mereka semakin bertambah dan berkembang. Hal ini tentunya  sangat membantu mereka  dalam meningkatkan mutu kualitas produk yang dihasilkan agar mampu bersaing dengan produk-produk lain. Jadi saya minta kepada Kadin dan pengurus Sister City untuk segera merealisasikannya,” jelasnya.

Wali kota mengakui , hubungan sister city yang dilakukan selama ini belum memberikan manfaat langsung bagi masyarakat. Atas dasar itulah dia berharap agar pengurus Sister City untuk segera melakukan terobosan maupun inovasi baru sehingga kerjasama ini benar-benar memberikan manfaat yang berarti bagi masyarakat.

Itu sebabnya Wali kota mengaku masih mengkaji serta mengevaluasi atas keinginan lima negara yang telah menyatajkan ketertarikannya menjalin kerjasama dalam bentuk sister city dengan Kota Medan. “Kita masih mengevaluasi apa manfaat  dan keuntungan bagi pemko Medan atas  kerjasama kerjasama yang akan dilakukan itu. Karenanya, saya lebih memfokuskan untuk melakukan  hubungan kerjasama antar kota di Indonesia. Saya yakin manfaatnya  lebih besar lagi,”  terangnya.

Sementara Konjen Jepang untuk Medan Yuji Hamada  menjelaskan, hubungan sister city  antara Kota Ichikawa, Jepang denagn Medan sudah berlangsung sejak 1989. Sejak  itu dikembangkan kerjasama, terutama dalam bidang pertukaran siswa-siswi tingkat SLTA. Selama ini Jepang telah menerima siswa-siswi dari Kota Medan  sekitar  100 pelajar, sedangkan pelajar Jepang yang berkunjung dan home stay di Kota Medan lebih kurang 60 orang.

“Tahun ini siswa dari Medan yang berangkat  ke Jepang sebanyak 7 orang dan telah kembali ke Medan. Saya yakin mereka pasti membawa berbagai macam pengalaman sebagai oleh-oleh yang paling berharga bagi peningkatan keharmonisan kedua kota kembar ini. Mereka adalah duta yang diharapkan menjembatani kedua negara, khususnya Kota Medan. Kami Konjen Jepang sangat menyambut hangat atas pekembanagan program di bidang pendidikan ini,” ungkap Yuji Hamada.

Selanjutnya, Yuji memaparkan, Desember 2011, Konjen jepangf bekerjasama dengan pemko Medan dan Asosiasi Sister City  Medan-Ichikawa telah melaksanakan acara Medan-Ichikawa Japan Day di arena PRSU Jalan Gatot Subroto Medan. Even itu berhasil menarik simpati warga  Kota Medan, sebab pengunjung yang hadir mencapau 3.000 orang.

“Untuk tahun ini (2012), Jepang dan Medan juga telah mengadakan acara pagelaran Budaya Antar Bangsa. Acara ini menunjukkan betapa kuat dan harmonisnya hubungan persahabatan antara Jepang dan Kota Medan,”  jelasnya.

Acara makan mala mini turut dihadiri Ketua Assosiasi Medan Sister City batyu Fdhlan, Ketua Komite Medan-Ichikawa Khairul Mahali, Kabag Hubungan Kerjasama Drs Rivai Nasution MM, sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan pemko Medan, alumni pertukaran pelajar Medan-Ichikawa, komunitas Medan-Ichikawa serta undangan lainnya.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: