Uang Makanan dan Transportasi Calhaj Asal Medan Ditanggung Pemko

barometersumut.com/Medan

Sebanyak 2.923 orang calon jemaah (calhaj) haji asal Kota Medan untuk tahun ini tampaknya bisa merasa lebih tenang dan khusuk  pada saat menjalankan  rukun-rukun  haji dibandingkan calhaj tahun-tahun sebelumnya. Sebab, Pemko Medan akan menanggung  seluruh biaya makan dan transportasi  mereka  selama 24 hari  ketika berada di Kota Mekah.  Selain itu Pemko Medan juga akan mengirimkan sejumlah petugas haji  sehingga calhaj asal Kota Medan  benar-benar terlayani dengan baik.

Hal ini terungkap ketika Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM didampingi Asisten Kesejahteraan Masyarakat Darusalam Pohan, Kepala Inspektorat Farid Wajedi, Asisten Umum Musadad Nasution, Kabag Agama dan Pendidikan Suaidi ketika mendengar presentase dari perusahaan penyedia catering yakni PT Cakra dan transportasi (PT Semesta Kirana) bagi calhaj asal Medan selama berada di Kota Mekah di Balai Kota Medan, Jumat (14/9/2012).

Menurut Wali Kota, langkah ini ditempuh karena  bantuan sebesar 100 rial yang selama ini diberikan kepada calhaj setiap  tahunnya  dinilai kurang dirasakan manfaatnya.  Karenanya, Wali Kota menghentikan pemberian  rial.  Sebagai gantinya, Pemko Medan menanggung biaya makan dan transportasi  para calhaj selama di Kota Mekah

“Saya kira bantuan ini bisa dirasakan langsung manfaatnya bagi para calhaj. Apalagi selama ini persoalan makanan  dan transporatsi sering dikeluhkan calhaj ketika berada di Kota Mekah. Saya pun telah merasakan dan melihat langsung ketika melaksanakan ibadah haji beberapa waktu lalu, terutama bagi calhaj yang di tempatkan agak jauh dari Masjidil Haram,”  kata Wali Kota.

Karenanya, Wali Kota berharap  dengan menanggung  makan dan transport  selama berada di Kota Mekah  ini, bisa membuat para calhaj asal Kota Medan merasa lebih tenang dan khusuk untuk menjalankan semua rukun haji  sehingga akhirnya  menjadi haji yang mabrur.

Sebelum kebijakan ini dilakukan, Wali Kota  pun  mengaku telah berkonsultasi  terlebih dahulu dengan Badan Pemeriksa Keuangan   (BPK).  Dari konsultasi yang dilakukan itu,  BPK  menyetujuinya. “Jadi untuk tahun ini, kita menanggung makanan dan transportasi calhaj asal Medan selama berada di Mekah,” ungkapnya.

Selain  menanggung makan dan transportasi, Wali Kota juga akan mengirimkan beberapa petugas haji dari Pemko Medan untuk membantu dan mengawasi para calhaj asal Medan. Untuk itu dia minta kepada seluruh petugas haji  untuk benar-benar melayani para calhaj. “Saya ingatkan kepada petugas haji untuk tidak main-main, layani calhaj kita dengan baik,” ujarnya mengingatkan.

Untuk memudahkan memberikan pelayanan, Wali Kota mengaku telah meminta kepada Kepala  Kementrian Agama Sumut agar seluruh calhaj asal Medan  ditempatkan dalam kloter yang sama. Artinya, 2.923 calhaj asal Medan ditempatkan dalam beberapa kloter tanpa bergabung  dengan calhaj dari daerah lain.

Sementara itu pimpinan PT Cakra Etty Budi Setyowati didampingi Mahfuddin Akhyar  selaku juru bicara kemudian mempresentasekan apa-apa saja yang akan mereka lakukan nanti.  Untuk menyediakan makanan bagi calhaj, mereka bekerjasama dengan Azzad Catering dari Arab Saudi.  Dijelaskannya, Azzad Catering susdah mendapat izin resmi dari pemerintahan Arab Saudi. Kantornya berada di Kota Al-Ka’Kiah dan mempekerjakan para pekerja yang berasal dari beberapa Negara seperti Indonesia , Bangladesh, Burma dan  Afrika.

“Khusus untuk penyediaan makanan, juru masak dipastikan asli orang Indonesia agar rasa makanan benar-benar terasa Indonesia,” jelas Mahfuddin.  “Kami menyediakan  makanan selama 24 hari bagi calhaj asal Medan.  Setiap harinya, kami menyediakan untuk makanan siang dan malam dengan menu berbeda setiap hari,” lanjutnya seraya memperlihatkan sejumlah menu yang akan disajikan.

Untuk transportasi,  pihaknya  yang  bekerjasama dengan PT Semesta Kirana .  Untuk mengangkut para calhaj, mereka menyediakan 10 bus. Kesepuluh unit  bus itu nantinya akan mengangkut  seluruh calhaj  secara bertahap dari pemondokan sampai Masjidil Haram pulang-pergi.  Dia meyakini  seluruh calhaj asal Medan pasti terlayani dengan baik.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: