Antisipasi Teroris, Kapolresta Perintahkan Jajarannya Data Tamu Hotel

barometersumut.com/Medan

– Kapolresta Medan Kombes Pol Monang Situmorang menginstruksikan  kepada seluruh kapolsek untuk mendata tamu-tamu hotel untuk mengetahui  identitas  orang-orang yang menginap secara jelas. Hal tersebut diungkapkannya dalam rapat penanganan keamanan dan ketertiban serta antisipasi terorisme di  Kota Medan  yang digelar Hotel Arya Duta Medan.

“Saya intruksikan kepada seluruh kapolsek untuk mendata tamu-tamu hotel untuk mengetahui  identitas  orang-orang yang menginap secara jelas,” katanya.

Dikatakan Monang, pihaknya akan menurunkan anggotanya untuk melakukan patroli selama 24 jam penuh  dengan menggunakan roda dua maupun roda empat guna antisipasi  tindak kejahatan serta teroris.

Kapolresta minta kepada Wali Kota agar membuat Perda  tentang rumah kos. Hal  itu menurutnya penting dilakukan untuk  mengetahui siapa saja orang-orang yang menempati tempat maupun rumah kos sehingga dapat terdetksi sejak dini.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres mendukung sepenuhnya masukan dari Dandim 0201/BS Letkol Inf Doni Hutabarat untuk melakukan pendataan terhadap tempat-tempat/rumah  kos. Kemudian, memberlakukan wajib lapor bagi  tamu-tamu yang menginap di suatu  tempat/lingkungan. Serta mengaktifkan kembali pos-pos siskamling di tengah masyarakat.

Terutama, pengaktifan kembali pos-pos siskamling. Sebab, pos sikamling sangat efektif untuk mengantisipasi sekaligus daya cegah dan tangkal mengantisipasi  segala tindak kejahatan, termasuk kejahatan terorisme.

“Untuk wajib lapor, saya yakin belum seluruhnya wilayah di Kota Medan yang menerapkan wajib lapor  kepada kepala lingkungan bagi setiap tamu-tamu yang datang dan menginap. Hal ini memang sepele, tapi kalau tidak dilakukan akibatnya bisa fatal,”  ujar Kapolresta.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: