Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual Dibuka di Medan

barometersumut.com/Medan

Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap,MM diwakili Kepala Dinas Koperasi UMKM Kota Medan  H Tunggar ,SH membuka acara kegiatan sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) kepada 80 orang peserta dari pelaku UKM di Kota Medan, Ssnin ( 10/09) di Hotel Garuda Plaza.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan salah satu kegiatan perekonomian rakyat yang telah teruji ketahanannya dalam menghadapi kerisis ekonomi yang telah melanda Indonesia sekitar tahun 1997. Tidak hanya sampai disitu saja, hingga hari ini geliat UMKM semakin menunjukkan perkembangan  yang signifikan.

Di kota Medan , UMKM menjadi salah satusoko guru perekonomian kota yang terus menjadi focus pembinaan oleh Pemerintah kota Medan melalui Dinas Koperasi UMKM kota Medan. Pembinaan ini dilakukan secara berkesinambungan guna meningkatkan gairah para pelaku untuk terus berkarya dan meningkatkan kualitas produknya, ungkapnya.

Menurutnya karya yang diciptakan para pelaku bukanlah sebuah karya yang tidak memiliki harga,karena para pelaku UMKM berinovasi dan berkreasi dengan pemikiran ,sehingga dapat melahirkan produk yang baik, serta berguna bagi khalayak, itu harus kita pahami dan apresiasi. Produk yang dilahirkan UMKM seharusnya di lindungi oleh Dasar Hukum yang kuat, salah satunya Undang-Undang Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

HKI adalah Hak yang berasal dari kegiatan kreatif suatu kemampuan daya piker manusia yang disekpresikan kepada khalayak umum dalam berbagai bentuknya, yang memiliki manfaat, serta berguna dalam menunjang kehidupan manusia, juga memiliki nilai ekonomis. Pemko Medan melalui Dinas Koperasi UMKM, akan terus mengingatkan kepada para pelaku UMKM betapa pentingnya fungsi HKI untuk melindungi kekayaan intelektualnya. Terutama kepada para p[elaku UMKM yang bergerak dalam bidang industry kreatif.

Kadang kita mengabaikan peranan HKI dalam memberikan proteksi terhadap produk kita sendiri, apalagi produk-produk yang bernilai tradisionil. Telah kita lihat fakta tentang ketidakpedulian dalam menggunakan HKI, banyak ide-ide kreatif kita dicuri oleh pihak luar karena memang kita tidak memberikan hak epada diri kita sendiri untuk emmiliki kekayaan intelektual tersebut. Tentunya hal ini tidak ingin terus menerus kita alami. Mari bersikap cakap dang tanggap dlam melindungi Hak Kekayaan Intelektual yang dimiliki karena ini sangat berharga dan bernilai ekonomis yang tinggi, kata Tunggar ,SH.

Ketua Panitia Pendidikan Hasibuan,SH dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuan pelkasnaan kegiatan ini guna meningkatkan wawasan dan pengetahuan serta memotivasi pelaku UMKM dibidang Hak dan Kekayaan intelektual. Diharapkan pelaku UMKM dapat melihat potensi ,peluang untuk permodalan guna meingkatkan usaha baik kualitas maupun kuantitas yang tetntunya meningkatkan keuangan pelaku UMKM.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari di Garuda Plaza Medan. Semenara nara sumber dari Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sumut, Dosen Fakultas USU, Kasubbid Pengawasan Badan Penanaman Modal Daerah, Wakil Ketua sekolah Tinggi Ilmu Manajemen serta dari Dinas Kopeerasi UMKM Kota Medan, ujar Pendidikan.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: