Wali Kota Ingin Bangun Masjid Raya Kota Medan

barometersumut.com/Medan

Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM menyampaikan keinginannya untuk membangun Masjid Raya Kota Medan.  Masjid itu rencananya akan dibangun di  tempat strategis dan berada di tengah inti kota. Diharapkannya masjid itu akan menjadi ikon sekaligus kebangaan warga Kota Medan. Untuk itu orang nomor satu di Pemko Medan ini minta dukungan seluruh ulama dan lapisan masyarakat.

“Ide membangun Masjid Raya Kota Medan ini  muncul dari kita, termasuk para ulama. Sebab, Kota Medan dinilai sudah harus memiliki Masjid Raya yang dapat  dijadikan sebagai ikon dan kebangaan  warga Kota Medan seperti kota-kota lainnya di Indonesia. Apalagi Kota Medan saat ini merupakan kota metropolitan,” kata Wali Kota ketika menghadiri acara halal bi halal yang diselenggarakan Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) di Medan.

Sejauh ini Wali Kota mengaku belum menetapkan lokasi pembangunan Masjid Raya Kota Medan tersebut. Namun sejumlah lokasi telah dipersipakan, hanya saja Wali Kota belum mau menyebutkan nama lokasinya. Dipastikannya, lokasi masjid yang akan dibangun berada di lokasi strategis  dan di tengah  inti kota. Hal itu sengaja dilakukan agar masyarakat mudah mencapainya.

“Saya belum putuskan dimana tempatnya. Yang pasti lokasinya benar-benar strategis dan tidak berada di kawasan pinggiran sehingga benar-benar menjadi ikon Kota Medan. Saya kini sedang menyusun panitianya, sebab  pembangunan masjid ini harus dibentuk yayasan. Selanjutnya, yayasan inilah yang akan melaksanakan pembangunan masjid ini. Setelah rapat pembetukan yayasan, barulah saya sampaikan lokasinya. Yang pasti saya sudah memiliki beberapa lokasi alternatif,” ungkapnya.

Dengan bentuk yayasan, lanjutnya, bisa menerima bantuan dari seluruh lapisan masyarakat maupun pihak-pihak manapun, sedangkan pemerintah hanya hibah sifatnya. Diharapkannya , pembangunan masjid bisa berjalan dengan baik serta dapat menjadi tempat pembinaan umat Muslim di kota Medan.

Diakui Wali Kota, Kota Medan telah memiliki Masjid Agung dan Masjid Raya Al Mashun.  Hanya saja Masjid Agung dikelola Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, sedangkan Masjid Raya Al Mashun dikelola pihak kesultanan. Untuk itu dirasakan perlu adanya masjid yang benar-benar milik masyarakat Kota Medan seperti  kopta-kota lainnya di Indonesia.

“Saya kira itu perlu dan wajar kita lakukan. Hanya saja semua ini harus berjalan dengan baik. Kita ingin pembangunan Masjid raya Kota Medan ini mendapat dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat dan ulama.  Artinya,  tidak hanya pemerintah saja yang membangun tetapi seluruh lapisan masyarakat harus terlibat dalam pembangunan masjid ini,” paparnya.

Selain rencana pembangunan Masjid Raya Kota Medan, Wali Kota pada kesempatan itu juga mengungkapkan bahwasannya calon jemaah haji   untuk tahun ini  tidak akan mendapat bantuan dalam bentuk uang rial lagi seperti biasa diterima tahun-tahun sebelumnya. Sebagai gantinya, Pemko Medan akan  memberikan makanan dan transportasi selama berada di Mekah. Untuk itu dia berharap agar seluruh calon jemaah haji asal Kota Medan yang akan berangkat tidak dipisah-pisahkan kloternya sehingga mudah untuk melayaninya.

Keinginan Wali Kota itu langsung mendapat dukungan penuh dari KH Amiruddin MS yang bertindah sebagai penceramah dalam acara halal bi halal tersebut. Dikatakannya, rencana itu harus disukuri dan disambut baik. Untuk itu diharapkannya masyarakat Kota Medan ikut mendoakan dan membangun sesuai dengan kemampuan masing-masing.

“Sesungguhnya membangun masjid yang merupakan rumah Allah, berarti kita semakin mendekatkan diri kepada Allah. Untuk itu saya mengajak seluruh umat Islam di Kota Medan untuk bersama-sama berdoa sehingga pembangunan Masjid Raya Kota Medan  dapat terwujud seperti yang diharapkan,” kata Amiruddin.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: