Guru Pemula Harus Banyak Belajar dan Tingkatkan Kompetensi Diri

barometersumut.com/Medan

Peranan guru sangat penting dan strategis untuk menunjang proses pembelajaran maupun dalam membantu proses pencapaian visi misi sekolah. Untuk itu dibutuhkan guru yang memiliki kemampuan maksimal. Selain itu pendidikan juga menitikberatkan kepada character building untuk menjadikan generasi muda Indonesia, memiliki kecakapan baik dalam berfikir  maupun bertindak.

“Jadi kita butuhkan guru selaku tenaga kependidikan pembentuk karakter generasi muda yang bekerja secara sungguh-sungguh untuk membangun sistem pengajaran yang inovatif, kreatif, aktif dan melibatkan komunikasi dua arah antara guru dengan peserta didik,” kata Asisten Administrasi Umum Drs Musadat Nasution ketika membuka Diklat Fungsional bagi  Guru Pemula Tingkat SD dan SMP di lingkungan Pemko Medan  di Hotel Puta Mulia Medan, Selasa (4/9/2012).

Karenanya, sambungnya, sungguh ironis jika mendengar pemberitaan akhir-akhir ini tentang corengan hitam di muka pahlawan tanpa tanda jasa ini. Banyak sekali dijumpai guru-guru yang tidak menguasai konsep maupun tugas pokok  dan fungsinya sebagai tenaga kependidikan. Untuk itu dia tidak ingin hal itu terjadi di Kota Medan.

Atas dasar itulah, kata Musadad, Wali Kota  menghimbau kepada seluruh peserta diklat yang terdiri dari guru pemula di tingkat SD dan SMP ini agar mengikuti diklat ini dengan baik dan sungguh-sungguh. Apalagi dalam diklat ini akan dijelaskan konsep dan kebijakan pendidikan nasional maupun Kota Medan,  serta pembangunan karakter  bangsa.

“Saudara selaku guru pemula harus lebih banyak belajar dan melatih diri untuk meningkatkan kompetensi diri secara berkesinambungan, baik kompetensi pedagogik, kepribadian social maupun profesionalisme. Terlebih guru SD dan SMP, mengingat pendidikan dan pembentukan karakter dimulai sejak  SD dan SMP,”  pesannya.

Dijelaskannya, sejak memilih guru sebagai profesi, tentunya  harus sadar tentang tugas mulia yang harus diemban. Karenanya, berikanlah pendidikan yang terbaik kepada peserta didik dan ikhlas mengbadi demi mencerdaskan kehidupan bangsa.  Di samping itu guru merupakan ujung tombak pemerintah yang akan  mewujudkan tujuan dari pendidikan nasional  berfungsi  untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat, guna berkembangnya potensi siswa dalam kerangka pendidikan di Indonesia.

Untuk mendukung itu, Musaddad berharap kepada para tenaga pengajar (widyaiswara) untuk mentrasformasi seluruh ilmu dan pengetahun yang dimiliki kepada para peserta diklat. Dengan demikian kegiatan ini mampu meningkatkan kualitas tenaga pendidikan di kota Medan. “Kepada peserta diklat, saya minta untuk mengoptimalkan kemampuan serta meningkatkan pengetahuan demi mewujudkan pendidikan  yang berkualitas di Kota Medan,” harapnya.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: