Setiap Bangunan Gedung Harus Penuhi Persyaratan Administratif dan Teknis

barometersumut.com/Medan

Penyelenggaraan bangunan gedung perlu diatur dan dibina demi kelangsungan dan peningkatan kehidupan serta penghidupan masyarakat sekaligus untuk mewujudkan bangunan gedung yang fungsional,seimbang,serasi dan selaras dengan lingkungannya.

“Pengaturan bangunan gedung tetap mengacu pada pengaturan penataan ruang sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.Untuk menjamin kepastian dan ketertiban hukum dalam penyelenggaraan bangunan gedung,setiap bangunan gedung harus memenuhi persyaratan administratif dan teknis bangunan serta harus diselenggarakan secara tertib “ kata Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap MM terkait rancangan peraturan daerah (Ranperda) kota Medan tentang Bangunan Gedung.

Ranperda tentang bangunan yang diajukan lanjut Rahudman,sudah mengatur fungsi bangunan gedung,persyaratan bangunan geudng,penyelenggaraan bangunan gedung,termasuk hak dan kewajiban pemilik dan pengguna bangunan gedung pada setiap tahap penyelenggaraan bangunan gedung serta peran masyarakat dan pembinaan pemerintah kota Medan (sanksi).
    
“Pemerintah kota Medan terus mendorong dan meningkatkan kemampuan masyarakat untuk dapat memenuhi ketentuan dalam ranperda ini sehingga jaminan keamanan,keselamatan dan kesehatan masyarakat dalam penyelenggaraan bangunan gedung dan lingkungannya dapat dinikmati oleh semua pihak secara adil serta dijiwai dengan pelaksanaan tata pemerintahan yang baik “ katanya.

Masyarakat, lanjut Rahudman, diupayakan untuk terlibat dan berperan secara aktif bukan hanya dalam rangka pembangunan dan pemanfaatan bangunan gedung untuk kepentingan mereka sendiri. Tetapi juga dalam meningkatkan pemenuhan dan persyaratan bangunan gedung dan tertib penyelenggaraan gedung pada umumnya.  

Perwujudan bangunan gedung juga tidak terlepas dari peran serta penyedia jasa konstrukis peraturan perundang-undangan di bidang jasa konstruksi baik di bidang jasa konstruksi sebagai perencana, pelaksana, pengawas ataupun managemen konstuksi, maupun jasa-jasa pengembangannya, termasuk penyedia jasa pengkaji teknis bangunan. “Oleh karena itu, pengaturan bangunan gedung ini juga perlu pengaturan jasa konsrtuksi dengan pengaturan perundang-undangan,”ungkap Rahudman.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: