Wali Kota Medan Ajak Seluruh Pegawai Mulai Pekerjaan dengan Ikhlas

barometersumut.com/Medan

Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM mengajak seluruh pegawai di lingkungan Pemko Medan  mulai dari tingkat pimpinan sampai bawahan agar memulai pekerjaan dengan hati yang ikhlas,  sehingga  hasilnya lebih maksimal  dirasakan masyarakat.  Sebab, saat ini jika apratur pemerintah tidak mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarat, maka akan terus jadi cercaan masyarakat.

                
“Untuk itu kita harus merubah mindset  tentang  pegawai negeri  yang selama ini dilayani kini harus dilayani. Karenanya, perlu ada peningkatan capacitas building yakni kemampuan intelektual pegawai di jajaran Pemko Medan. Untuk itu kita minta kepada seluruh pegawai harus mampu menguasai tugas pokok dan fungsingnya masing-masing,” kata Wali Kota ketika memimpin apel hari pertama usai  liburan Hari Raya Idul Fitri 1433 H di Balai Kota Medan, Kamis (24/8).
                
Untuk melaksanakan tugas dengan penuh keiklhasan itu tentunya harus diawali dengan disiplin yang tinggi. Karenanya, Wali Kota menyampaikan apresiasinya atas tingginya presentasi kehadiran pegawai saat mengikuti apel hari pertama usai liburan Lebaran. Meski hujan deras mengguyur namun jumlah pegawai yang hadir cukup tinggi.
                
Dengan kesadaran tinggi, para pegawai mengikuti apel pagi yang dilaksanakan di lobi  dan teras depan Balai Kota Medan. Meski berdesak-desakkan karena tempat yang digunakan untuk apel tidak  mampu menampung seluruh pegawai namun proses apel pagi berjalan dengan lancar. Bertindak sebagai komnadan apel Asisten Kesejahteraan Masyarakat Darusalam Pohan. Tampak hadir dalam apel pagi ini Wakil Wali Kota Drs H Dzulmi Eldin  MSI, Sekda Ir Syaiful Bahri, unsur Staf Ahli dan Asisten, Kepala Badan serta kepala Bagian.
                
Berdasarkan absensi seluruh pegawai di Sekretariat yang mengikuti apel, jumlah pegawai yang hadir  608 orang dari 640 orang total jumlah pegawai. Artinya, pegawai yang tidak hadir hanya 32 orang. Dari jumlah 32 yang tidak hadir itu, ada  karena cuti, izin dan tidak masuk tanpa keterangan. Karenanya, Wali Kota menilai kehadiran pegawai itu sudah maksimal.
 
“Alhamdulillah kita melihat  presentase kehadiran pegawai pasca Lebaran cukup baik dibandingkan tahun sebelumnya. Kita harapkan hal ini bisa ditingkatkan lagi, sebab pegawai sekretariat merupakan ujung tombak dan wajah Pemko Medan,” pujinya seraya berjanji akan berusaha meningkatkan tunjangan kinerja seperti uang makan.
               
Selanjutnya, Wali Kota menitikberatkan agar pelayanan yang menyangkut kepentingan masyarakat banyak pasca Lebaran ini harus ditingkatkan lagi  seperti pengurusan akte kelahiran maupun kartu keluarga . Khusus untuk pengurusan KK yang saat ini cukup rumit karena warga harus mendatangi kantor pos dan pengadilan, maka Wali Kota membuat kebijakan  dengan melakukan MoU dengan pengadilan serta kantor pos. Dengan MoU ini  pengurusan akte kelahiran cukup dilakukan dui kecamatan sehingga masyarakat tidak perlu menunggu-nunggu lagi, sedangkan biayanya ditanggung Pemko Medan. “kita harapkan ini dapat berjalan dengan baik,” harapnya.
                
Selain itu, ungkapnya, pihaknya kini sedang menyusun pembentukan struktur organisasi baru di lingkungan Pemko Medan. Artinya, akan berdiri dinas baru yakni Dinas Pengawasan Pembangunan. Sebagai kota metropolitan, Kota Medan sangat membutuhkan dinas ini. Sebagai contoh izin bangunan yang dikeluarkan Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB), dinilainya tidak akan mampu diawasi oleh Dinas TRTB sendiri. Begitu juga dengan Dinas  Bina Marga yang mengeluarkan tender, tak mungkin lagi  pegawainya melakukan pengawasan.
                

“Untuk itulah dibutuhkan Dinas Pengawasan Pembangunan ini. Kita harapkan dinas ini akan berisi orang-rang yang memiliki pengetahuan tentang teknik sehingga mutu dan kualitas pembangunan menjadi lebih baik lagi, sehingga dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat, “ ungkapnya.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: