RSUD dr Pirngadi Diharapkan Jadi Pusat Pelayanan Kesehatan

barometersumut.com/Medan

Pembangunan kesehatan masyarakat merupakan salah satu prioritas pembangunan kota. Apabila masyarakat sehat, tentunya semakin produktif. Jika kota produktif, tentunya masyarakat semakin sejahtera. Sebab, masyarakat sehat, sejahtera, beriman  dan bertakwa  menjadi cita-cita semua. Karenanya, RSU Pirngadi merupakan kelembagaan utama pelaksanaan  kebijakan urusan wajib pemerintahan daerah di bidang pelayanan kesehatan.

“Guna mendorong penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang semakin bermutu, professional dengan berbiaya terjangkau, RSU Pirngadi telah ditetapkan statusnya menjadi Badan Layanan Umum Daerah. Di samping itu dituntut untuk meningkatkan dan mengembangkan pelayanan kesehatan yang semakin berkualitas,” kata Wakil Wali Kota Medan Drs H H Dzulmi Eldin MSi.

Diakui, Eldin, RSUD Pirngadi harus selalu mampu mengupdate ilmu kedoketeran, keperawatan dan alat kesehatan yang semakin canggih  agar dapat bersaing dengan rumah sakit lain, sekaligus dapat memanjakan masyarakat yang berobat. Selain itu Pemko Medan juga sedang merencanakan pembangunan ruangan VIP bagi pasien sebagai bagian strategi profesionalnya.

Tidak itu saja, guna memberikan kemudahan akses informasi kepada masyarakat agar mengerti dan memahami pola pelayanan rumah sakit secara luas dengan diresmikannya website dan logo baru RSUD Pirngadi. Itu semua punya makna simbolik, terutama untuk membangkitkan semangat dan etos kerja yang semakin tinggi dari seluruh jajaran RSUD Pirngadi. Dengan begitu rencana kerja yang telah ditetapkan dapat terlaksana dengan baik.
“Kita tahu RSUD Pirngadi  yang bersejarah ini, memiliki kedudukan dan fungsi yang sangat strategis  baik sebagai rumah sakit rujukan maupun sebagai rumah sakit pendidikan. Untuk itulah, saya selalu berpesan kepada Dirut agar mengambil langkah-l;anmgkah manajemen  yang berkelanjutan untuk  menjadikan rumah sakit ini menjadi kebanggaan kita semua,” ujarnya.

Jika mampu secera terencana mengembangkan infrastruktur  dengan baik ditambah dengan komiutmen kuat para professor, dokter spesialis, dokter, tenaga media dan non medis, Eldin optimis RSUD Pirngadi mampu dijadikan pusat pelayanan kesehatan yang terpercaya dan semakin dicintai masyarakat, sekaligus mengurangi fenomena berobat ke luar negeri.

Untuk itu melalui peringatan ulang tahun ini, Eldin mengajak semua untuk melaksanakan evaluasi komprehensif sdehingga dapat menjadi acuan pembenahan pada masa yang akan datang. Meski diakui banyak keberhasilan yang diraih  dalam menjalankan program rumah sakit namun masih banyak juga kekurangan yang dihadapi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang berobat.
 
Atas dasar itulah Eldin sangat mendukung sepenuhnya manajemen RSUD Pirngadi yang terus melaksanakan pengembangan pelayanan kesehatan, serta restrukturisasi bangunan dan lainnya sepanjang berhubungan dengan peningkatan mutu pelayanan dan kinerja pegawai di lingkungan rumah sakit.

Kepada Dirut RSUD Pirngadi, Eldin mengingatkan untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukann segera , termasuk meregorganisasi manajemen maupun melakukan revitalisasi semua sumber yang daya ada sehingga visi menjadikan rumah sakit ini sebagai rumah sakit rujukan di Sumatera Utara  dapat terwujud. Untuk mewujudkan itu tentunya perlu ditingkatkan budaya kerja dan budaya pelayanan yang baru sebagai citra sejati rumah sakit.

Usai  memberikan arahan, Wakil Wali Kota didampingi Sekda Ir Syaiful Bahri, Asisten Kesejahteraan Masyarakat (askesmas) Darusalam Pohan, Kadis Kesehatan dr Edwin Effendi  serta beberapa pimpinan SKPD meninjau ruangan Instalasi Gawat darurat (IGD) yang kini terus melakukan pembenahan guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Selama peninjauan, Dirut RSUD dr Pirngadi Drs Amran Lubis SP JP FIHA  menjelaskan sejumlah perubahan yang telah dilakukan. Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU tentang penyerahan alat laparascopy dari Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan keluarga Berencana Nasional Propinsi Sumatera Utara kepada Dirut RSUD dr Pirnghadi dan Rumah Sakit Angkatan Laut Dr Komang Makes Belawan. Diteruskan dengan peresmian website dan logo baru RSUD dr Pirngadi.

Sementara itu Dirut RSUD dr Pirngadi Medan  Drs Amran Lubis SP JP FIHA  menjelaskan, langkah pertama yang harus dilakukan sejak dirinya dipercayakan memimpin rumah sakit milik Pemko Medan itu yakni merubah mindset dari seluruh karyawan baik itu dokter, perawat maupun non keperawatan. Artinya, semua harus saling membahu, sebab tidak ada satu orang pun yang bisa bekerja sendiri dalam satu rumah sakit.

“Mindset akan berubah jika perilaku berubah. Untuk melakukan perubahan ini, tentunya harus ada kontribusi yang kita berikan kepada merekam seperti  jasa peningkatan pelayanan. Karenanya, saya selalu mengingatkan jika pasien banyak tentunya jasa pelayanan akan baik. Untuk mendatangkan pasien yang banyak harus diawali dengan pelayanan yang baik. Ini yang harus kita tanamkan dalam rangka perubahan mindset,” jelas Amran.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: