Jalan Pusat Pasar Harus Jadi Jalan Umum Kembali

barometersumut.com/Medan

una mengatasi  kemacetan  arus lalu lintas  yang acap kali terjadi di seputaran Jalan MT Haryono, maka Jalan Pusat Pasar (persis samping Medan Mall) yang selama ini ditutup  pihak ketiga sehingga tidak dapat dilalui kenderaan umum   akan dibuka kembali. Dengan pembukaan ini diharapkan mampu mengurai  kemacetan yang  selama ini selalu dikeluhkan masyarakat, terutama para pengemudi kenderaan bermotor.

                
Hal ini terungkap ketika Wali Kota Medan Drs H  Rahudman Harahap MM  bersama Wakil Wali Kota Drs H Dzulmi Eldin MSi didampingi sejumlah pimpinan SKPD meninjau Pusat Pasar, Selasa (14/8/2012). “Jalan Pusat Pasar akan kita bebaskan dan fungsinya dikembalikan menjadi jalan umum. Untuk itu kesepakatan yang telah dilakukan dengan pihak ketiga  akan kita tinjau ulang kembali!” kata Wali Kota.
                
Menurut Wali Kota, penutupan Jalan Pusat Pasar yang dilakukan pihak ketiga untuk dijadikan lokasi parkir ini menyebabkan kemacetan yang cukup parah di seputaran Jalan MT Haryono. Kondisi itu menyebabkan  kenderaan bermotor baik roda dua maupun empat  sulit melaluinya, terutama pada jam-jam sibuk.
                
Ketika melakukan peninjauan, Wali Kota mendapati pintu masuk Jalan Pusat Pasar dipasang portal oleh pihak ketiga . Portal itu sekaligus dibangun pos untuk mengutip setiap kenderaan yang masuk hendak menuju Medan mall maupun Pusat Pasar. Di samping itu sisi kiri Jalan Pusat Pasar  dijadikan lokasi parkir kenderaan roda empat.
 
Umumnya  kenderaan roda empat yang diparkir  dengan posisi 45 derajat, sehingga memakan lebih separuh badan jalan yang akhirnya menyebabkan terjadinya kemacetan.  Terbukti bus yang ditumpangi Wali Kota untuk melakukan peninjauan tak dapat masuk, sebab terhalang dengan ratusan kenderaan roda empat yang parkir tersebut. “Jadi Jalan Pusat Pasar ini harus dibuka kembali,” tegasnya.
 
Selain kemacetan, Wali Kota juga meninjau  lantai tiga Pusat Pasar. Tempat yang seluas hampir 1 hektar itu akan dioperasikan kembali setelah hampir 12 tahun dibiarkan kosong. Selain berjualan sandang, tempat itu juga akan dijadikan foodcourt. Untuk itu lantai tiga akan perbaiki sehingga menjadi tempat berjualan yang representatif.
                
“Perbaikan  ini dilakukan  PD Pasar bersama-sama para pedagang. Untuk memudahkan akses warga   mengunjungi tempat itu akan dibangun escalator dan dilengkapi dengan lift barang. Untuk kenyamanan, temapt itu juga akan dipasang mesin pendingin (ac) serta penambahan daya listrik. Ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi  masyarakat,” jelas Wali Kota.
                

Ketika Wali Kota datang, sejumlah pekerja terlihat sedang istirahat usai melakukan perbaikan-perbaikan.  Tampak lantai tiga kini tak ubahnya  seperti hall, sebab bangunan yang ada telah dibongkar.  Sebagai gantinya kini telah dibangun kios-kios kecil. Pihak PD Pasar selanjutnya memperlihatkan denah  gambar bagaimana  bentuk apabila lantai tiga sudah selesai diperbaiki.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: