Warga Medan Dihimbau Bantu Pengungsi Rohingya

barometersumut.com/Medan

Ketua TP PKK Kota Medan Hj Yusra Siregar memberikan bantuan berbuka puasa kepada 35 pengungsi  Muslim Rohingya di Rumah Detensi  Imigrasi  (Rudenim) Belawan.  Bantuan yang diberikan itu sebagai bentuk rasa solidaritas dan keprihatinan terhadap para pengungsi yang  terpaksa lari meninggalkan  tempat tinggalnya di bagian barat Rakhine Utara, Myanmar Barat akibat tidak tahan menerima perlakuan diskriminatif dan tindak kekerasan.

Masing-masing  pengungsi baik balita maupun dewasa mendapatkan bantuan untuk berbuka sebesar Rp.100.000 perorang. Bantuan itu diberikan Hj Yusra  didampingi Sekretaris  PKK Ir Hj Asra  beserta sejumlah pegawai Rudenim  Belawan P Sinaga langsung kepada para pengungsi.  Dengan wajah haru, para pengungsi menerima bantuan tersebut.

“Alhamdulillah, terima kasih,” kata beberapa pengungsi dengan bahasa Indonesia yang terbata-bata ketika menerima bantuan untuk berbuka tersebut.

Menurut Hj Yusra Siregar, kunjungan yang dilakukan ini untuk melihat langsung 35 pengungsi Muslim Rohingya yang  belum lama ini meninggalkan negaranya. “Kami ingin melakukan silaturahmi sekaligus menunjukkan rasa kepedulian  terhadap mereka sebagai sesame Muslim. Untuk itu kami memberikan sedikit bantuan untuk berbuka puasa kepada mereka,” kata Hj Yusra.

Untuk itu Hj Yusra menghimbau kepada seluruh warga, terutam kaum ibu untuk memberikan bantuan kepada para pengungsi Muslim Rohingya ini. Sebab, para pengungsi saat ini sangat membutuhkan sekali  bantuan berupa pakaian, makanan, uang pembelian susu untuk balita-balitanya maupun jilbab.    “Jadi bagi masyarakat yang ingin membantu, dapat langsung memberikan bantuannya ke Kantor Rudenim Belawan,” himbaunya.

Usai memberikan bantuan terhadap pengungsi Rohingya, Hj Yusra juga memberika bantuan untuk pengungi lainnya yang berasal dari beberapa negara  seperti  Turki, Irak, Srilangka,  Somalia, Afrika, Bangladesh, Myanmar  yang berjumlah 123 orang. Nilai bantuan yang diberikan sama dengan yang diberikan kepada pengungsi Muslim Rohingya.  Hal itu dilakukan karena Ketua TP PKK  ingin memberlakukan sama kepada seluruh pengungsi.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: