109 PNS Jajaran Pemko Medan Diambil Sumpahnya

barometersumut.com/Medan

Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap MM diwakili Sekda Ir Syaiful Bahri mengambil sumpah dan janji terhadap 109 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) terdiri dari golongan I, II dan III di jajaran Pemerintah Kota Medan, Selasa (7/8/2012) dibalai Kota Medan. Setiap Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) setelah diangkat menjadi PNS wajib mengangkat sumpah/janji PNS dihadapan atasan yang berwenang, menurut agama atau kepercayaannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Walikota Medan diwakili Sekda Ir Syaiful Bahri MM dalam sambutannya mengatakan, PNS harus dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, disamping itu PNS juga perlu memiliki wawasan dan sekaligus kesetiaan serta ketaatan terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan Negara serta pemerintah.

Selain itu juga PNS harus bermental baik, bersatu padu, bersih, jujur, berdaya guna, bermutu tinggi dan penuh tanggung jawab terhadap tugasnya, untuk itulah salah satu usaha pembinaan pelaksanaan sumpah/janji PNS ditegaskan dalam undang-undang nomor 8/1974 tentang pokoko-pokok kepegawaian dan undang-undang nomor 43/1999 tentang perubahan atas undang-undang nomor 8/1974 tentang pokok-pokok kepegawaian.
“ Saya ingatkan kepada PNS yang baru diambil sumpah/janjinya, selian sebagai pedoman sekaligus kewajiban bagi saudara untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagai aparatur negara, “ tegas Syaiful

Menurutnya, sumpah/janji adalah suatu kesanggupan untuk mentaati keharusan atau untuk tidak melakukan larangan yang ditentukan, yang diikrarkan dihadapan atasan yang berwenang menurut agama dan kepercayaan masing-masing, pada hakekatnya sumpah/janji itu bukan saja merupakan kesanggupan terhadap atasan yang berwenang tetapi juga merupakan kesangghupan terhadap tuhan bahwa yang bersumpah/janji akan mentaati segala keharusan dan tidak melakukan segala larangan yang telah ditentukan.

“ Saya ingatkan, kepada PNS dipercayakan untuk mengemban tugas negara dan tugas ini  harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, “ ujar Syaiful.

Lebih lanjut Sekda Mengatakan, didalam melaksanakan tugas diperlukan keikhlasan, kejujuran, dan tanggung jawab sebagai salah satu usaha untuk menjamin pelaksanaan tugas kedinasan dengan sebaik-baiknya, maka setiap  calon pegawai negeri sipil setelah diangkat menjadi pegawai negeri sipil wajib menganggkat sumpah/janji pegawai negeri sipil dihadapan atasan yang berwenang.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: