Walikota: Jalan Berlubang Jadi Perioritas Utama Untuk Segera Ditangani

barometersumut.com/Medan

Walikota Medan, Drs H Rahudman Harahap MM, mengatakan masalah jalan berlubang menjadi perioritas utama untuk secepatnya ditangani.  
“Tidak hanya jalan kota, jalan milik negara maupun provinsi yang selalu dijadikan akses  bagi warga Kota Medan, asalkan ditemukan berlubang harus segera diperbaiki. Sebab, kondisi jalan yang baik akan mengurangi terjadinya angka kecelakakaan maupun kemacetan,” kata Walikota saat uji coba Alpomain Road Maintenance Truck, Selasa (31/7).
 
Dijelaskan, truck yang di datangkan dari Surabaya itu dilengkapi dengan mesin gilas beserta aspal  dan peralatan pendukung lainnya. Dengan menggunakan truk ini, jalan berlubang  dalam waktu singkat dapat ditambal sehingga rata seperti sediakala.  “Jadi, truk ini kita uji coba  penggunaannya. Kita harapkan truk ini  bisa mengatasi persoalan jalan berlubang di Kota Medan,”  jelasnya.
 
Saat menguji truk itu kembali, Walikota didampingi Sekda Ir Syaiful Bahri Lubis MM memberi waktu 10 menit kepada Kadis Bina Marga, Ir Gunawan Surya Lubis, untuk menambal  lubang yang ada di Jalan Setia Budi.“Kita mendapatkan Alpomain Road Maintenance Truck sebanyak  5 unit untuk pengadaan Tahun Anggaran 2012. Mudah-mudahan dengan kehadiran kelima truk ini, bisa mengatasi keluhan masyarakat terkait jalan berlubang,” harapnya.
 
Menurut Walikota, penyebab  terjadinya jalan berlubang akibat  sering dilalui truk, terutama yang muatannya melebihi tonase.  Disamping itu  parit maupun drainase yang  tersumbat menyebabkan air menggenangi jalan ketika hujan turun  turut menjadi penyebab utama kerusakan jalan.
 
“Selain itu kita memperbaiki parit maupun drainase. Sebab, keduanya sangat mempengaruhi sekali dengan kondisi jalan yang ada saat ini. Kemudian, kita juga minta kepada pengembang untuk memikirkan saluran air mereka apabila membangun. Jangan gara-gara pengembang, masyarakat yang menerima banjir,” tegasnya.
 
Untuk itu Wali Kota memerintahkan Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB) dalam setiap mengeluarkan Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB) harus memperhatikan pembuangan airnya. Jika pengembang tidak memenuhinya, maka  kita stop dan tak keluarkan izinnya,” pungkasnya.
 
Sementara Kadis Bina Marga, Ir Gunawan Surya Lubis, menjelaskan lima unit Alpomain Road Maintenance Truck itu disebar ke 21 kecamatan untuk menambal jalan yang berlubang. “Kita memiliki 5 UPT, masing-masing UPT mendapat 1 truk. Selanjutnya, masing-masing truk akan mengatasi jalan berlubang di empat kecamatan. Kita harapkan tidak ada lagi jalan berlubang sampai Hari Raya ini,” terangnya.(rom)

Perihal barometersumut
Suka Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: